BRAVO! Singkirkan Korsel Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23

BRAVO! Singkirkan Korsel Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23
Selebrasi gol ppertama Indonesia ke gawang TImnas Korsel U-23 Jumat (26/4/2024) dinihari tadi.

RIAUSKY.COM- Timnas Indonesia U23 membuat sejarah besar dalam sejarah persepakbolaan Tanah Air.

Dalam pertandingan per delapan besar memperebutkan tiket ke semifinal di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha Qatar, Jumat (26/4/2024) dinihari tadi,  anak-anak asuhan Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Korea Selatan lewat dua adu penalti dengan kedudukan 2-2 (11-10).

Keberhasilan tim Garuda Muda ini sekaligus mengantarkan mereka untuk merebut satu tiket ke semifinal Piala Asia U23.

Pertandingan antara Timnas Indonesia U23 menghadapi Korea Selatan sangat menegangkan, karena aksi saling balas serangan dari kedua kesebelasan.

Indonesia memang berhasil unggul lebih dahulu dalam pertandingan sepanjang 2x45 menit. Namun, setiap kali berhasil unggul dalam mencetak gol, para pemain Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan.

Bahkan, meski harus bermain dengan 10 pemain, para pemain Timnas Korsel U-23 masih bisa menyamakan kedudukan 2-2 sepanjang waktu 2x45 menit.

Bahkan, hingga babak perpanjangan waktu 2x15 menit kedudukan akhir pertandingan bertahan dengan angka sama imbang 2-2.

Hasil imbang tersebut menyebabkan pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti.

Pertarungan seru mencetak gol ke gawang lawan pun kembali terjadi pada babak penalti ini, dimana kedudukan akhir hingga sepakan kesebelas masih sama imbang 10-9.

Hingga akhirnya adu penalti dilanjutkan dengan mengulang kali kedua dan berhasilkan memenangkan Indonesia atas Korea Selatan dengan kedudukan akhir adu penalti 11-10 untuk kemenangan Timnas Indonesia U23.

Jalannya pertandingan


Pertandingan Timnas Indonesia menghadapi Timnas Korea Selatan di per delapan final PIala Usia U23 berlangsung panas dan menegangkan.

Saling tawar serangan terjadi sepanjang 2x45 menit pertandingan. Bahkan hingga memasuki babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Rafael Struick menjadi pemain penting dalam pertandingan menentukan perjuangan ke Semifinal ini. Dia mencetak dua gol ke gawang Korea Selatan masing-masing pada menit 15 dan menit ke-3 tambahan waktu babak pertama.

Struick bahkan, nyaris menciptakan gol ketiga andai saja tidak berhasil ditepis penjaga gawang Baek Jong Bum.

Adapun gol balasan Korea Selatan diciptakan lewat gol bunuh diri dari tendangan Eom Ji Sung yang mengenai tubuh Komang Teguh pada menit ke-45 dan aksi Jeong Sang-bin pada menit ke-84 yang membuat kedudukan akhir hingga akhir babak kedua bertahan dengan kedudukan 2-2.Padahal, dalam pertandingan di babak kedua itu, Korsel hanya bermain dengab 10 pemain setelah salah seorang pemainnya menghantam keras Hubner sehingga wasit memutuskan mengeluarkan kartu merah.

Bahkan pada babak perpanjangan waktu, dimana para pemain Korea Selatan hanya bermain dengan 10 pemain, Timnas Indonesia U23 tak berhasil memenangkan pertandingan, sehingga pertandingan harus dilanjutkan melalui adu penalti.

Kiper Ernando Ari menjadi salah satu faktor penentu kemenangan Indonesia atas Korea Selatan dalam pertandingan ini. Dimana Ernando berhasil menepis dua kali tendangan penalti pemain Korea Selatan dari mulut gawang.

Para pemain dan suporter Korea Selatan juga sudah sempat merayakan keberhasilan timnas mereka mengalahkan Timnas Indonesia tendangan Justin Hubner berhasil ditepis kiper Korsel Baek Jong Bum.

Namun, hasil tersebut ternyata dibatalkan oleh wasit karena terlihat kiper sudah bergerak dari mulut gawang sebelum wasit memberikan aba-aba. Sementara tendangan Hubner itu berhasil ditepis kiper Korsel.

Karena dianggap tidak sah, akhirnya Hubner diminta untuk melakukan tendangan ulangan sebelum akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di babak adu penalti dan gol tercipta menyamakan kedudukan pertandingan antara Timnas Indonesia dan Timnas Korsel U23.


Susunan Timnas Indonesia U23:

Ernando Ari Sutaryadi; Rizky Ridho, Komang Teguh, Justin Hubner; Ilham Rio Fahmi, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan

Susnan Timnas Korea Selatan U-23:

Baek Jong Bum; Byun Jun Soo, Cho Hyun Taek, Hwang Jae Won, Hong Si Hoo, Lee Kang Hee, Paik Sang Hoon, Eom Ji Sung, Kang Seong Jun, Lee Tae Seok, Kim Dong Jin.(R02)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index