Dapat Bantuan 25 Kilogram Bibit per Kelompok, Petani Kuansing Akan Gunakan pola Jajar Legowo

Dapat Bantuan 25 Kilogram Bibit per Kelompok, Petani Kuansing Akan Gunakan pola Jajar Legowo
Petani

 

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)-  Memasuki musim tanam tahun ini, pemerintah pusat berencana membantu benih untuk petani di Kenegerian Sentajo, Kabupaten Kuantan Singingi. 
 
Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), H. Maisir kepada wartawan di Telukkuantan menyebutkan, benih-benih pertanian tersebut, nantinya akan dibagikan kepada kelompok-kelompok tani termasuk yang ada di wilayah Kenegerian Sentajo.
 
Untuk masing-masing petani, disebutkan Maisir, pemerintah akan mengalokasikan sebanyak 25 kilogram benih padi siap tanam. 
 
Dijelaskannya, bantuan pemerintah itu berupa benih, dan diwajibkan semua para petani di daerah itu memakai sistem jajar legowo. "Sistem ini sudah berhasil dan diterapkan para petani di Kuansing agar hasil tanam tahun ini bisa lebih baik dan maksimal lagi," tuturnya.
 
Lebih lanjut Maisir mengatakan, bahwa jadwal persemaian benih di Kenegerian Sentajo akan dilaksanakan  pada pertengahan Agustus mendatang. 
 
Untuk itu Distan Kuansing sangat mendukung kegiatan ini agar para petani juga terus berkonsultasi kepada penyuluh pertanian,'' ujarnya.
 
"Diharapkan petani dapat terus berkonsutasi dengan para penyuluh tentang teknik dan cara persemaian yang benar," tambahnya.
 
Untuk jenis benih ini, umur padi diperkirakan akan berlangsung selama seratus hari. Diperkirakan pada bulan Desember para petani sudah bisa panen, dan mudah-mudahan tidak terkena banjir lagi," tukasnya.(R03/i)
 

Listrik Indonesia

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index