Pilkada Pekanbaru 2017

Paslon Ide-SUA Tak Lolos, Ini Sikap PDI-P

Paslon Ide-SUA Tak Lolos, Ini Sikap PDI-P
Paslon Ide-SUA
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru telah memastikan bahwa pasangan bakal calon Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah (BISA) sebagai Walikota dan Wakil Walikota pada Pilwako 2017-2022 tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai pasangan calon.
 
Kepastian itu disampaikan KPU melalui rapat pleno penetapan pasangan calon yang diselenggarakan pada Senin kemarin.
 
Meskipun begitu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pendukung pasangan ini belum menentukan sikap untuk menyerahkan dukungan kepada pihak manapun. PDIP masih satu komando memperjuangkan pasangan BISA untuk lolos sebagai pasangan calon.
 
Seperti disampaikan Ketua Tim Pemenangan BISA, Said Mahdi saat dikonfirmasi, bahwa sampai hari ini PDIP dan PPP masih satu komando untuk meloloskan pasangan BISA bertarung pada Pilkada 2017 mendatang dengan cara penyelesaian sengketa di Panwaslu Pekanbaru.
 
"Hasil hari ini KPU menyatakan pasangan yang diusung oleh PDIP dan PPP tidak lolos, prinsipnya PDIP dan PPP masih satu komando dan menunggu hasil dari Panwaslu, namun ketika tidak diloloskan juga tentunya kita akan menentukan sikap," jelas Said.
 
Sebelumnya, kuasa Hukum BISA Rasman Nasution sempat menyatakan keberatan kepada KPU kota Pekanbaru, bahwa selaku kuasa Hukum pasangan calon Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah merasa keberatan atas putusan rapat pleno tersebut.
 
"Kita akan lakukan gugatan sengketa Pilkada. Nantinya kami akan melakukan laporan kepada Panwaslu kota Pekanbaru," ujar Rasman saat ditemui usai rapat pleno.
 
"Kita menghormati putusan rapat Pleno KPU kota Pekanbaru, tetapi kami tidak menerima hasil rapat pleno KPU kota Pekanbaru yang menyatakan Pasangan Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah tidak memenuhi syarat. Makanya nanti kita akan melaporkan persoalan ini ke Panwaslu kota Pekanbaru. Kapan waktunya, secepatnya kita laporkan," ungkap Rasman
 
Meskipun KPU hanya menyatakan 4 pasangan calon yang bertarung di Pilkada Pekanbaru 2017 ini, kata Rasman pihaknya yakin nanti akan bertarung 5 pasang. "Kita yakin, nantinya di masa pilkada kota Pekanbaru akan menjadi 5 Pasangan Calon," pungkas Rasman.
 
Sementara itu, Ketua Tim Kemenangan BISA Abu Bakar Sidiq mengatakan, pihaknya menilai bahwa KPU kota Pekanbaru tidak komitmen dan profesional.
 
"Kepada masyarakat atau simpatisan BISA kita harap bersabar, karena kita yakin pasangan Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah bisa menjadi calon walikota dan wakil Walikota Pekanbaru," pungkas Abu Bakar Sidiq. (R02/DRC)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index