WOW...Gara-gara Empedu Babi, Pria Ini Mendadak Jadi Kaya Raya

WOW...Gara-gara Empedu Babi, Pria Ini Mendadak Jadi Kaya Raya
Batu Empedu Babi

RIAUSKY.COM - Seorang pria di China langsung dinobatkan menjadi miliarder dadakan setelah sebelumnya ia menemukan batu empedu babi secara tak sengaja.

Menurut seorang ahli, harga batu empedu babi jika di jual bisa mencapai 450 ribu poundsterling atau sekitar Rp 8,1 miliar.

Seperti dilansir Tribunnews.com, benda yang amat langka itu, dikenal sebagai “bezoar”, ialah sebuah gumpalan yang terdiri atas rambut dan benda-benda tak tercerna lainnya yang biasanya ditemukan dalam sistem pencernaan si babi.

Praktisi pengobatan di China menyebutnya sebagai “Pig Treasure” alias “harta karun babi”.

Mereka juga percaya, produk yang terbuat dari bezoar dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sebab itulah, batu empedu babi dianggap sebagai benda langka dan sangat berharga untuk dimiliki.

Si penduduk desa itu, Bo Chunlou namanya, menemukan bezoar berukuran panjang 4 inci dan lebar 2,7 inci pada Agustus 2017 lalu.

Bezoar pernah digunakan sebagai “obat ajaib” di Inggris pada 1600-an dan digunakan dalam pengobatan China hingga saat ini.

Waktu itu laki-laki 51 tahun tersebut sedang membantai seekor induk babi berusia 8 tahun di ladangnya di Ju County di kota Rizhao, Provinsi Shandong, China timur.

Babi dengan berat sekitar 250 kg itu punya batu empedu besar di dalam kandung empedunya saat ia terbunuh.

Tetangganya yang tahu segera mengatakan kepada Bo bahwa ia baru saja mendapatkan bahan obat yang amat bernilai.

Sempat ragu, Bo dan anaknya, Bo Mingxue (26) memutuskan untuk pergi ke kota pelabuhan Shanghai, bertemu dengan beberapa pakar.

Dari situ, pasangan bapak-anak itu akhirnya tahu bahwa harga pasaran bezoar dengan ukuran sebesar itu bisa mencapai 450 ribu poundsterling.

Masih menurut para ahli, batu empedu hanya akan punya nilai tinggi jika ia ditemukan di kantong empedu, sementara yang ditemukan di perut tidak.

Bo, yang akhirnya punya sertifikat penilaian untuk menunjukkan bahwa dirinya punya “harta karun babi” mengklaim langsung menerima penawaran dengan harga awal 112.120 poundsterling (sekitar Rp2,04 miliar).

Siapa sangka, batu empedu babi ternyata menjadi salah satu benda yang muncul dalam film Harry Potter yang kondang itu.

Seperti dilaporkan BBC, pada tahun pertamanya di kelas ramuan, Hary belajar bezoar dari Prof Snape. “Bezoar adalah sebuah batu yang diambil dari perut kambing, dan dapat menyelamatkanmu dari banyak racun.”

Selain itu, bezoar juga pernah menolong salah satu tokoh dalam Harry Potter, Ronald Weasley, setelah ia keracunan minuman Mead yang sebenarnya diperuntukkan sebagai kado untuk Profesor Dumbledore.

Sebagai tambahan, kata “bezoar” berasal dari bahasa Persia “p?d-zahr“ yang berarti penangkal. Bezoar merupakan makanan yang tidak tercerna yang biasanya ditemukan di dalam perut hewan, seperti kambing dan babi, dan sejak masa pendudukan Spanyol oleh bangsa Moor, dipercaya sebagai penangkal racun.

Jadi jangan heran bila benda ini begitu dicari banyak ahli medis, meski harus menebusnya dengan harga yang fantastis. (R02)

Listrik Indonesia

#Berita Unik # serba serbi

Index

Berita Lainnya

Index