Gara-gara Situs Online, Pengusaha Tour and Travel di Riau Terancam Gulung Tikar

Gara-gara Situs Online, Pengusaha Tour and Travel di Riau Terancam Gulung Tikar
Fahmizal Usman
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal Usman mengatakan, para pengusaha tour and travel meski punya strategi baru untuk meningkatkan penjualan mereka. Pasalnya, kehadiran situs online yang menjual paket wisata sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha itu.
 
"Sekarang ini banyak sekali orang berjualan paket perjalanan secara online, kalau pengusaha tour and travel masih mengandalkan teknik penjualan secara konvensional, saya rasa berat. Lihat saja, belakangan sangat banyak kita temukan situs yang menawarkan jasa serupa, prosesnya juga jauh lebih cepat dan mudah," ujar Fahmizal, Selasa (16/02).
 
Fahmizal juga mengatakan, dengan fenomena seperti itu, para pengusaha tour dan travel hendaknya harus lebih banyak berkreasi.
 
"Salah satunya ya dengan memperbanyak jualan paket perjalanan. Jika tidak, bisa-bisa pelaku usaha tour and travel terancam bangkrut akibat membludaknya situs online yang menjual paket wisata dan paket perjalanan secara online," jelas Fahmizal.
 
Selaras dengan apa-apa yang diharapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Fahmizal juga turut berharap agar ASITA Riau bisa mendorong anggotanya untuk menawarkan paket wisata di Riau.
 
"Saya yakin, itu akan jadi nilai tambah yang sangat membantu bagi pengusaha yang bergerak di bidang biro perjalanan untuk tetap bertahan dari gempuran situs biro perjalanan yang dijual secara online," tutup pria yang akrab disapa Fahmi tersebut. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index