Universitas Lancang Kuning Gelar Seminar Internasional

Universitas Lancang Kuning Gelar Seminar Internasional

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Guna mengetahui adanya aturan perbankan dalam perdagangan global, Universitas Lancang Kuning menggelar Seminar Internasional, Selasa, 1 Maret 2016 di aula kantor Bank Indonesia Perwakilan Riau.

 
Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut, Irwan Mulawarman Deputy Deputi Kepala Perwakilan Kantor BI Provinsi Riau, Hans Hasibuan dari OJK Riau, Irvandi Gustari Dirut Bank Riau-Kepri dan Prof Dr Joni Tamkin Borhan dari Universitas Malaya Kuala Lumpur, Malaysia.
 
Seminar yang mengambil tema Banking Role In The Global Trade tersebut dimoderatori oleh mantan pejabat pemprov Riau Emrizal Pakis yang juga dosen di Unilak.
 
Dalam paparannya, Irwan Mulawarman menjelaskan peran Bank Indonesia terhadap perekonomian global, secara umum Irwan memang lebih banyak memaparkan tentang kondisi perekonomian global serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
 
"Merosotnya harga minyak dunia diakuinya memang diluar perkiraan, hal ini memang berdampak sangat signifikan," ujarnya.
 
Sementara itu, Hans Hasibuan dalam paparannya lebih banyak menjelaskan peran dan fungsi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK disebutnya sebagai lembaga yang menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.
 
Disebutnya, perlu penataan kembali lembaga-lembaga yang melaksanakan fungsi pengaturan dan pengawasan di industri jasa keuangan. "OJK mendukung kepentingan sektor jasa keuangan nasional sehingga mampu meningkatkan daya saing nasional. OJK juga diharapkan dapat menjaga kepentingan nasional," jelasnya.
 
Pembicara selanjutnya DR. Irvandi Gustari tak banyak memaparkan peran BRK dalam mengembangkan perekonomian dan menggerakkan pembangunan daerah melalui kegiatannya sebagai bank.
 
Namun yang pasti, ia mengingatkan pentingnya bagi Pemda dan juga Pemprov untuk mampu melakukan penyerapan anggaran sebesar mungkin, jika realiasai APBD tinggi, maka hal tersebut juga akan berdampak baik bagi sektor perbankan di daerah.
 
Terakhir Prof Dr Joni Tamkin Borhan dari Universiti Malaya berbicara tentang perkembangan perbankan syariah di Malaysia serta peran serta perbankan syariah dalam perdagangan internasional. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index