32 Peserta CD RAPP Ikuti Pelatihan Manajemen UMKM

32 Peserta CD RAPP Ikuti Pelatihan Manajemen UMKM

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM) - Demi meningkatkan kompetensi,  sebanyak 32 mitrabina Kabupaten Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, Kepulauan Meranti, dan Kampar mengikuti Pelatihan Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

 
Kegiatan ini diadakan Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT), Town Site 2 Pangkalan Kerinci, Kamis-Jumat besok
 
Salah satu pendamping mitra bina dari Kabupaten Pelalawan, Muhammad Habibi menuturkan pelatihan tersebut sangat bermanfaat baginya. Sebab, dari pelatihan ini  ia dapat menulis laporan keuangan dengan lebih baik.
 
“Kegiatan ini juga dapat mengembangkan UMKM di Pelalawan dan daerah lainnya sehingga  usaha masyarakat dapat tertata lebih baik. Materi yang kami dapatkan akan menjadi tuntunan kami dalam menuliskan laporan keuangan. Nantinya materi pelatihan  tersebut dapat dicontoh oleh mitra bina kami,” jelasnya.
 
Koordinator Program CD RAPP Syafri Edi mengatakan materi yang diberikan oleh Edwin Enifri dari Bina Swadaya Jakarta, membahas dasar-dasar keuangan, prinsip pembukuan dan logika berpikir. Sehingga para pendamping dapat menularkan ilmu yang didapat selama dua hari Pelatihan.
 
“Dengan  pelatihan ini, ilmu yang didapattkan pendamping bisa disalurkan kepada para mitra bina sehingga mereka dapat lebih mandiri dan juga bisa menyusun laporan keuangan mereka sendiri. Selain pemberian materi-materi dari Pak Edwin, para peserta juga langsung praktek membuat berbagai laporan seperti  pembagian Sisa Hasil Usaha atau SHU,” ujarnya.
 
Dalam sambutannya, CD Koordinator RAPP, Tengku Kespandiar mengatakan dalam pelatihan yang bertema “Peningkatan Kompetensi Pendamping Menuju Kemandirian Mitra Bina” para peserta diberikan pengetahuan bagaimana menata pembukuan yang lebih baik. Saat ini, pihaknya akan lebih banyak membina mitra offline atau di luar wilayah operasional.
 
“Tujuan kami memperbanyak mitra offline agar perekonomian warga di luar daerah operasional perusahaan dapat meningkat. Agar warga juga dapat tumbuh dapt berkembang bersama perusahaan,” tutupnya.  (RLS)

Listrik Indonesia

#RAPP

Index

Berita Lainnya

Index