Musda IV, MUI Rokan Hilir Mufakat Pilih Ucok Indra Sebagai ketua

Musda IV, MUI Rokan Hilir Mufakat Pilih Ucok Indra Sebagai ketua
Peserta Musda IV MUI Rokan Hilir foto bersama.

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM)- Musyawarah daerah (Musda) Ke-IV Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rokan Hilir sukses, dan menetapkan H. Ucok Indra sebagai Ketua Umum.

Musda Mejelis Ulama Indonesia (MUI) itu dibuka oleh Wakil Bupati Rohil, Drs.H.Jamiludin dan dihadiri Ketua Umum MUI Propinsi Riau,Prof, Dr HM.Nazir Karim MA, mantan ketua MUI Rohil Drs Wan Ahmad Syaiful, Sabtu (27/1/2018) di Hotel Mahera Jalan Utama Bagansiapiapi.

Musda Ke IV MUI Rohil diikuti oleh Ketua dan Sekretaris MUI Kecamatan sekaligus utusan dari lembaga keagamaan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

Sambutan Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiludin pada pembukaan musda MUI itu mengharapkan agar pelaksanaan Musda dapat terlaksana dengan baik,hasil Musda tersebut dapat berperan untuk umat kearah yang lebih baik lagi. 

"Siapapun yang terpilih nantinya itu merupakan keputusan bersama,dan  hasil dari suatu keputusan itu saya harapkan bisa lebih baik lagi untuk umat dan daerah kedepannya," Kata Jamiludin.

Menurut Wabup, MUI merupakan panutan bagi semua umat Islam, jadi siapapun yang terpilih nantinya itu merupakan hasil yang terbaik,dan MUI dapat  berperan aktif untuk umat Islam di Rokan Hilir," Ujarnya. 

Di harapkan wabup, Kedepannya bagaimana MUI dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjalankan fungsinya," harap Jamiludin.

Di tempat yang sama,Ketua Umum MUI Propinsi Riau, Prof, Dr HM.Nazir Karim, MA mengatakan bahwa musda MUI ke-IV Kabupaten Rohil ini untuk memilih  Pimpinan MUI Rohil yang lebih berkualitas,serta mampu membawa MUI ke arah yang lebih baik lagi.

"Untuk memilih Kepengurusan MUI Rohil priode 2018-2023 yang diambil dari berbagai unsur Islam yang ada . Jadi pilihlah orang-orang yang mau bekerja bukan yang cuma pajang nama aja, tapi harus bisa melakukan pembinaan terhadap umat," kata HM. Nazir.

Lanjutnya, MUI juga merupakan mitra pemerintah, memberikan nasehat dan ada tugas lainnya seperti memberikan fatwa serta melakukan pembinaan umat melalui pembinaan Da'i, pembinaan lingkungan serta pembinaan lainnya," ujarnya.

Dikatakan HM.Nazir, untuk menjadi ketua MUI setidaknya harus memiliki keilmuan agama, fasih baca Alquran, memiliki wawasan kenegaraan, wawasan umum dan kemasyarakatan.

"Pada umumnya tidak, tapi syarat khusus itu dialah yang dikatakan memiliki ilmu rata-ratalah, tentu Alquran dan Hadist bisa dikuasainya. Selain itu juga harus mempunyai wawasan keagamaan, kemasyarakatan serta kenegaraan, karena MUI juga mitra pemerintah," jelasnya.

Ketua MUI Rohil terpilih, H.Ucok Indra mengatakan, MUI kedepan lebih mengarah pada pembinaan, kemudian meneruskan kerja MUI Rohil yang sudah terprogram. 

"Konsepnya kedepan kita lebih fokus pada pembinaan, sesuai dengan tema, Tingkatkan Kemitraan Ulama dan Umarok serta Wujudkan Umat Islam yang beriman dan bertaqwa," Kata Ucok.

Lebih lanjut, Ucok menyebutkan bahwa kedepan pihaknya terus menjalin kemitraan dengan pihak pemerintah daerah, dan tawarkan program-program.

"MUI Rohil akan terus menjalin kemitraan dengan Pemerintah daerah Rohil, Umarok dan menawarkan sejumlah program, " Sebutnya.

Mantan Ketua MUI Rohil, Drs.H.Wan Muhammad Syaiful mengucapkan selamat kepada ketua MUI terpilih, dan berpesan program yang sudah di laksanakan MUI sebelumnya dapat dijadikan sebagai contoh.

Kemudian dia berharap MUI yang di pimpin oleh ketua baru dan masih berusia muda agar mempunyai semangat yang tinggi dalam menjalankan program MUI 
Depan.

"Pribadi saya harapkan Kepada ketua MUI Rohil yang baru agar lebih semangat, jadikan program yang telah dilakukan MUI sebelumnya sebagai codisebutnya motivasi. Jangan sempat yang muda kalah dengan yang tua," Diingatkan Wan Syaiful.

Kemudian Pria yang di nilai vokal ini menegaskan kepada pengurus MUI yang baru, disebutnya kedepan dia tidak segan-segan mengingatkan MUI Rohil jika ada masalah sosial yang menyangkut agama dan umat, untuk itu dirinya akan segera menghubungi pengurus MUI," tegas Wan Syaiful.

Wan Muhammad Syaiful juga mengharapkan kepada Pemkab Rohil   agar terus memperhatikan MUI yang merupakan mitra Pemerintah.

"MUI adalah mitra Pemerintah, oleh karenanya pemerintah daerah diharapkan untuk terus memberikan perhatian kepada MUI Rokan Hilir seperti yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota yang lain, mereka begitu peduli dan mendukung penuh program- program yang di buat oleh MUI," ungkap Wan Syaiful. 

Berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat tim formatur Muda ke-IV bermufakat untuk menetapkan susunan pengurus MUI Rohil priode 2018-2023 sebagai berikut: 

Ketua Umum H Ucok Indra, Wakil Ketua Umum H. Ruslan S.Pd.i MM, Sekretaris umum Jefrizal, SH. Wakil sekretaris Junaidi Dasrul, S.Ag  Bendahara umum Marzuki Arif Syaifullah.(CR5)

Listrik Indonesia

#Rokan Hilir Bagansiapiapi

Index

Berita Lainnya

Index