Bupati Suyatno Tinjau Perkembangan Pembangunan Pelabuhan Bagansiapiapi

Bupati Suyatno Tinjau Perkembangan Pembangunan Pelabuhan Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Bupati Rohil, Suyatno, meninjau langsung perkembangan lanjutan pembangunan pelabuhan Bagansiapiapi, berlokasi di Jalan Lingkar, Batu Enam, Bagansiapiapi, Senin (27/8/2018).

Dalam peninjauan tersebut, Bupati didampingi Sekda Rohil Surya Arfan, Kepala Sahbandar Syafrizal, Kadishub Rahmatul Zamri, Pengawas pelaksana pembangunan  pelabuhan Amirullah, Satpol PP dan Kabag Humas Hermanto.

"Saya sudah kesian kalinya melakukan peninjauan pembangunan pelabuhan ini, tentunya pemerintah daerah menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Perhubungan RI yang peduli terhadap pembangunan pelabuhan yang berada di dcaerah pesisir propinsi Riau ini," jelas bupati

Masih katanya, keberadaan Rohil yang begitu strategis dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka merupakan salah satu pertimbangan kementerian dalam memberikan perhatian terutama dalam pembangunan pelabuhan.

"Apalagi saat ini kita juga tidak memiliki pelabuhan lagi, dan inilah pengganti-pengganti pelabuhan yang ada," ujarnya.

Menyangkut anggaran pelabuhan lanjut Suyatno, secara keseluruhan berasal dari APBN, dan pembangunan pelabuhan sempat terkendala pada tahun 2017 dikarenakan pemerintah daerah belum melepaskan lokasi pembangunan pelabuhan kepada pihak kementerian dalam bentuk sertifikat.

"Namun kita berupaya melakukan pendekatan dengan pihak BPN dan akhirnya sudah ada sertifikatnya dan telah kita serahkan ke pihak kementerian, dan untuk melanjutkan pembangunan, tahun 2018 kita mendapat anggaran sekitar Rp 20 miliar," rincinya.

Ia menambahkan, untuk tahun 2019 pembangunan  pelabuhan akan mendapat tambahan anggara lagi untuk pembangunan fisik berupa terminal dan kantor serta parkir.

"Saya pikir ini satu peningkatan perhatian penuh terhadap Rohil karena kita berada di daerah pesisir," tambahnya.

Suyatno berharap seluruh rangkaian pembangunan pelabuhan dapat rampung pada tahun 2019, karena menurutnya, jika pembangunan pelabuhan telah selesai tentunya dapat digunakan untuk kepentingan umum yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. 

"Dengan dibangunnya pelabuhan ini tentunya dapat mendongkrak ekonomi masyarakat serta menjadi satu penyumbang pendapatan asli daerah," harapnya.

Sementara itu, Kepala Sahbandar Syafrizal, menjelaskan, pihaknya sangat optimis pembangunan pelabuhan akan rampung pada tahun 2019 mendatang.

"Insya allah, karena kami sudah sampai pada rekom terakhir itu untuk disetujui dana yang kita  perlukan untuk pembangunan ini," terangnya.

Sementara saat ditanya fungsi pelabuhan terkait jalur internasional, Syafrizal menyebutkan hal tersebut harus melalui penelitian terlebih dahulu.

"Nanti kita liat dulu, apa komoditi yang akan kita keluarkan dari sini, itukan masih dalam kajian karena komoditi apa yang akan kita keluarkan, sementara ini kita mungkin untuk mengakomodir antar pulau". (R15/Mcr)

Listrik Indonesia

#Rokan Hilir Bagansiapiapi

Index

Berita Lainnya

Index