Bupati Sukiman Bagikan KTP, KK dan Akta Kelahiran Gratis ke Warga Rambah Samo

Bupati Sukiman Bagikan KTP, KK dan Akta Kelahiran Gratis ke Warga Rambah Samo

RAMBAH SAMO (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menggelar upacara gabungan dan Lomba Cipta Menu Serba Ikan antar desa sempena Hari Kartini 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman juga membagikan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el/ e-KTP), kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran gratis kepada masyarakat di Desa Rambah Utama, Kecamatan Rambah Samo.

Selain itu, Pemkab Rohul melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rohul melakukan perekeman KTP-el gratis, serta pembuatan KK dan akta kelahiran.

Terkait dengan kegiatan tersebut, Bupati Rohul Sukiman, pada sambutannya mengharapkan kegiatan tersebut bisa meningkatkan disiplin terhadap pegawai di tingkat kecamatan, UPTD, dan Kades dan seluruh perangkat yang ada.

Tak lupa juga ia mengharapkan melalui kegiatan apel gabungan ini, disiplin perangkat desa di pemerintahan kecamatan, pemerintahan desa dan UPTD di Kecamatan Rambah Samo lebih baik lagi ke depannya.

"Dari kegiatan ini kita melihat seluruhnya melaksanakan apel dengan khidmat. Kita berharap ke depannya Kecamatan Rambah Samo lebih baik lagi,"‎ harapnya.

Selain membagikan KTP, KK dan Akta Kelahiran, Bupati Sukiman melihat langsung prosesi perekaman KTP-el serta pengurusan KK dan akta kelahiran yang digelar Disdukcapil Rohul di pendopo Desa Rambah Utama. 

Dalam kesempatan itu, Bupati juga berdialog dengan masyarakat yang mengikuti proses perekaman KTP-el.

Ia mengimbau masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP-el segera mengikuti proses perekaman dengan mendatangi UPTD di kecamatan, atau datang langsung ke Kantor Disdukcapil Rohul.

"Bukan hanya KTP elektronik saja, kartu keluarga dan akta kelahiran juga harus diurus oleh masyarakat karena itu penting," imbau Bupati Rohul Sukiman.

Usai melihat langsung proses perekaman e-KTP, Bupati Sukiman bersama rombongan menyempatkan diri melihat Lomba Cipta Menu Serba Ikan dalam rangka memeriahkan Hari Kartini yang diikuti oleh ibu-ibu PKK desa se-Kecamatan Rambah Samo, dan mencicipi bebagai makanan dan minuman yang disajikan oleh peserta.

"Ibu-ibu di Kecamatan Rambah Samo kreatif sekali, ikan bisa dimasak menjadi berbagai menu makanan. Makanan dan minuman yang dilombakan cukup kreatif dan enak," kata Bupati Sukiman.

Di sisi lain, Kepala Disdukcapil Rohul Syaiful Bahri mengatakan perekaman KTP-el dilaksanakan dalam upaya memudahkan masyarakat mengurus KTP-el, termasuk KK dan akta kelahiran.

Ia menambahkan, program dilakukan Disdukcapil Rohul adalah sistem jemput bola‎ yang dilakukan ke desa-desa yang ingin melakukan perekaman KTP-el, KK dan akta kelahiran secara massal.

"Kita akomodir ini untuk percepatan dan target Kementrian Dalam Negeri agar seluruh masyarakat bisa memiliki identitas diri yang sah secara negara. Bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman, bisa datang ke UPTD atau Kantor Disdukcapil. Seluruh biaya gratis tanpa ada pungutan," ajak Syaiful.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sistim jemput bola. Bagi desa-desa yang ingin melakukan perekaman e-KTP, KK dan akta kalahiran, akan diakomodir untuk percepatan dan target Kementrian Dalam negeri agar seluruh masyarakat bisa memiliki indentitas diri yang sah secara negara. 

Diakuinya, dari jumlah penduduk Rohul hingga semester II per 31 Desember 2017 terdata 554.152, sedangkan yang sudah melakukan perekaman KTP-el hingga 13 April 2018 capai 359.356 atau sudah berkisar 95,85 persen.

“Target kita tuntas sesuai perintah Dirjen Capil Kemendagri, hingga menjelang Pilgubri perekaman KTP-el sudah sudah 100 persen," tegasnya.
 
“Akte kelahiran bisa dibuat dengan azas domisili di kabupaten/ kota masyarakat tersebut tinggal, dan seluruh warga Rohul diwajibkan memiliki akte kalahiran,” jelas Syaiful. 

Di kegiatan itu, juga dihadiri Kadisdukcapil Rohul, Drs Syaiful S.Sos.M,Si, Camat Rambah Samo Adi Irawan. S.STp, Kades dan Kepala BPD serta perangkat desa-se Rambah Samo, Kakan Satpol PP Rohul, Kapolsek Rambah Samo Iptu Dedy, para kepala UPTD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat di Rambah Samo.

(R19/Adv-HumasPemkabRohul)

Listrik Indonesia

#Rokan Hulu

Index

Berita Lainnya

Index