Bupati Sukiman Tebar 100 Ribu Ekor Ikan Lomak ke Sungai Batang Lubuh

Bupati Sukiman Tebar 100 Ribu Ekor Ikan Lomak ke Sungai Batang Lubuh

RAMBAH (RIAUSKY.COM) - Bupati Rokan Hulu (Rohul),H Sukiman bersama Kepala Balai Budidaya Perikanan Air Tawar (BBPAT) Jambi, Ir H.Amad Jauhari Pamungkas M.Si serta masyarakat, tebarkan atau restoking 100 ribu ekor benih ikan Kelemak atau ikan Lomak ke Sungai Batang Lubuh, di Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Kamis (3/5/2018).

Kegiatan ini merupakan program nasional, melalui program bantuan langsung masyarakat 100 juta ekor benih ikan se-Indonesia, dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, melalui Direktorat Kementrian Budidaya.  

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Forikan Rohul, Hj Peni Herawati, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Ir.H Sri Hardono MM, Kajari Rohul, Kabag Ops Polres Rohul, Kapolsek Rambah, Camat Rambah, Sekcam Rambah, Kades Babussalam Basron, Ny Abdul Haris, Sekdes Rambah Abdul Hakim, para kepala dinas, badan dan kantor, serta perwakilan Dinas Perikanan Riau, serta ratusan masyarakat Desa Babussalam.

Dalam kesmepatan tersebut, Bupati Rohul H Sukiman bersama Kepala BBPAT Jambi, H.Amad Jauhari Pamungkas, Kajari, dan pejabat lainnya menaburkan benih ikan lomak ke Sungai Batang Lubuh. Diikuti Ketua Forikan Rohul, para kepala dinas, badan dan kantor, serta Camat, Kades Babussalam dan masyarakat.

Usai kegiatan, ia berharap restoking ini akan bisa menambah hasil perikanan di Rohul lebih baik khususnya di Desa Babussalam. Karena ada 100 ribu ekor ikan yang ditaburkan, sehingga dalam jangka setahun tiap ekornya bisa menghasikan 1 kg paling kecil 5 ons.

“Bila nantinya berhasil maka akan menghasilkan sesuai hitungan capai 200 ton ikan. Sehingga perlu dijaga dan diperlihara, kemudian agar masyarakat bisa ikut melesatarikannya, dan boleh dipancing pada saatnya namun agar tidak diputas dan racun karena merusak habitat ikan,”  

“Kemudian, sesuai kebiasan ikan Lomak, nantinya ikan Lomak yang ditaburkan  mereka naik ke hulu sungai hingga Bukit Barisan. kemudian, dengan banyak sungai di Rohul yang besar, maka kita bisa meminta tambah lagi bantuan ikan, agar Rohul bisa menjadi lumbung ikan,” harap Bupati Sukiman.

Hal sama juga disampaikan Kepala BBPAT Jambi, H.Amad Jauhari Pamungkas, untuk di Provinsi Riau selain Desa Babussalam yang dapat bantuan ikan lomak atau ikan lokal, juga dibantu di Kabupaten Kampar tepatnya Danau Bekuok, serta di Kabupaten Rokan Hilir masing-masing 100 ribu ekor, yang juga dibantu melalui Kementrian Perikanan dan kelautan Direktorat Kementrian Budidaya.

“Ikan ikan yang ditabur, merupakan benih dari BBPAT Jambi. Ini merupakan program nasional. Bila nantinya ada permintaan bantuan lagi ke Rohul, maka kedepannya bantuan ikan akan kita berikan lagi. Bagiamana program 100 juta ekor ikan nantinya bisa direaliaskkan masyarakat, dan benih ikan yang ditaburkan merupakan jenis ikan lokal,”  sebut H.Amad Jauhari Pamungkas.

Sementara itu, Kepala Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Basron didampingi Sekdes Abdul Hakim, pihaknya berterima kasih, kepada pemerintah pusat, khususnya Kementrian Perikanan dan Kelautan melalui Direktorat Kementrian Budidaya yang sudah menunjuk Desa Babussalam program penebaran ikan atau restoking di program bantuan langsung masyarakat 100 juta ekor benih ikan se Indonesia.

Tak lupa ia juga berterima kasih, kepada DPR RI yang sudah menyampaikan aspirasinya, sehingga 100 ribu ekor benih ikan lomak ditaburkan di sungai Batang Lubuh. Pihaknya akan menjaga kelestarian ikan tersebut, sehingga ikan yang ada nantinya bisa berkembang biak dan dinikmati masyarakat.

“Terima kasih ke Direktorat Kementrian Budidaya, BBPAT Jambi, Pemkab Rohul serta Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul, yang sudah memfasilitasi sehingga 100 ribu ekor ikan ditaburkan di Sungai Batang Lubuh, persisnya di Desa Babussalam. Kita dan masyarakat, akan menjaganya sehingga ikan bisa berkembang biak nantinya,” pungkas Basron.

(R19/Adv-HumasPemkabRohul)

Listrik Indonesia

#Rokan Hulu

Index

Berita Lainnya

Index