BI: Suku Bunga Simpanan dan Kredit Turun

BI: Suku Bunga Simpanan dan Kredit Turun
Ilustrasi
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Bank Indonesia mencatat suku bunga simpanan dan suku bunga kredit mengalami penurunan sejalan dengan melambatnya pertumbuhan kredit.

Berdasarkan Analisis Uang Beredar, pada Juli 2015, suku bunga deposito berjangka tiga dan enam bulan masing masing tercatat sebesar 8,13 persen dan 8,71 persen dibandngkan bulan sebelumnya yang masing-masing tercatat sebesar 8,27 persen dan 8,73 persen.

Sementara itu, rata-rata suku bunga kredit turun dari 12,97 persen pada Juni 2015 menjadi 12,92 persen pada Juli 2015.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi Gunadi Sadikin mengatakan perseroan belum akan menyesuaikan lagi tingkat suku bunga kredit Bank Mandiri.

Suku bunga dasar kredit (SBDK) Bank Mandiri per Juli 2015, berdasarkan data Bank Indonesia, tercatat kredit korporasi perseroan sebesar 10,5 persen, kredit ritel 12,25 persen, kredit mikro 19,25 persen, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) 11 persen, dan non KPR di level 12,5 persen.

"Kami melihat dulu bagaimana Bank Indonesia menetapkan BI rate karena penetapan suku bunga kredit ini selalu mengikuti pergerakan suku bunga acuan bank sentral," ucapnya.

Menurut Budi, bank sentral masih akan menahan tingkat suku bunga acuannya yang saat ini berada di level 7,5 persen karena saat ini masih ada tekanan volatilitas nilai tukar rupiah. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index