Mendagri Beri Dua Penghargaan pada Pemko Pekanbaru di Ajang APBD Award 2023

Mendagri Beri Dua Penghargaan pada Pemko Pekanbaru di Ajang APBD Award 2023
Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni menyerahkan penghargaan kepada Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun di ajang APBD Award 2023 yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

 JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Kota Pekanbaru menerima penghargaan dalam ajang APBD Award 2023 dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan itu diberikan pada acara APBD Award 2023 dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keuangan Daerah Tahun 2023 di Mercure Convention Centre (MCC) Ancol Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Penghargaan APBD Award 2023 diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo kepada gubernur.

Adapun untuk Pemko Pekanbaru penghargaan diberikan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni kepada Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni, menyampaikan, APBD Award 2023 diberikan kepada kepala daerah sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas capaian kinerja dalam merealisasikan APBD.

"Selain itu, penghargaan APBD Award untuk memberikan motivasi, menciptakan iklim kompetitif dan mendorong realisasi APBD agar bisa maksimal sejak awal tahun," ungkap Fatoni.

Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun memegang dua piala APBD Award 2023.

Fatoni menjelaskan, APBD Award diberikan dengan tiga kategori. Pertama, daerah dengan realisasi pendapatan tertinggi. Kedua, daerah dengan realisasi belanja tertinggi. Ketiga, daerah dengan realisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi. Masing-masing kategori penghargaan tersebut diberikan kepada lima provinsi, lima kabupaten, dan lima kota.

“Penilaian didasarkan dari perhitungan melalui laporan realisasi anggaran (LRA), kemudian dari LRA dibentuk tim (untuk melakukan penilaian dan verifikasi) yang akhirnya memutuskan masing-masing penerima penghargaan pada hari ini,” ujar Fatoni.

Kepala daerah penerima penghargaan APBD Award 2023 untuk kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi Tahun Anggaran 2022 tingkat kota, di antaranya Kota Samarinda, Kota Banjarbaru, Kota Bontang, Kota Mojokerto, dan Kota Denpasar.

Kemudian penerima penghargaan kategori Realisasi Belanja Daerah Tertinggi Tahun Anggaran 2022 tingkat kota adalah: Kota Pekanbaru, Kota Kotamobagu, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, dan Kota Metro.

Sementara untuk kategori Realisasi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Tertinggi Tahun 2022 tingkat kota, yakni Kota Palangkaraya, Kota Kendari, Kota Pekanbaru, Kota Tegal, dan Kota Cirebon. 

Kesuksesan Pemko Pekanbaru dalam membawa capaian realisasi pendapatan dan peningkatan PAD secara nasional ini, turut diakui Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, juga berkat kinerja jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru. Utamanya sinegritas dalam mewujudkan target-target pendapatan yang telah ditetapkan.

Pj Wako Pekanbaru Muflihun didampingi Kepala Bappeda Pekanbaru Ahmad Ismail, Kepala BPKAD Pekanbaru Yulianis  dan Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan usai menerima penghargaan di APBD Award 2023 dan menghadiri Rakornas Keuangan Daerah 2023 di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

“Alhamdulillah, semoga tahun ini semakin bisa ditingkatkan. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh OPD Pemko Pekanbaru dengan turut serta didukung masyarakat kita,” ujar Pj Walikota Pekanbaru.

Dirincikan orang nomor satu di Pekanbaru ini, pada tahun anggaran 2022 pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp2,49 triliun rupiah lebih, dengan realisasi sebesar 2,32 triliun rupiah lebih atau 99,50 %. 

Yang terdiri dari Pertama, pendapatan asli daerah (PAD) yang ditargetkan sebesar 840,10 milyar rupiah lebih dapat direalisasikan sebesar 799,20 miliar lebih atau 95,11 persen.

Kedua, pendapatan transfer yang ditargetkan sebesar Rp1,65 triliun lebih dapat direalisasikan sebesar Rp1,680 triliun lebih atau 101,7%. Dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

"Secara keseluruhan anggaran belanja daerah sebesar Rp2.52 triliun dengan realisasi belanja daerah tahun 2022 adalah sebesar Rp2,49 triliun lebih atau 98.91 persen," rincinya.

Dijelaskan Muflihun, capaian ini sekaligus menunjukan bahwa penyerapan APBD di Kota Pekanbaru sepanjang 2022 dikelola dengan sangat baik. Percepatan realiasi anggaran, lanjutnya, terus diupayakan Pemko Pekanbaru untuk mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Realisasi pendapatan APBD yang tinggi menjadi gambaran bahwa uang negara telah dikelola secara baik dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan," pungkas Muflihun.(Advertorial Diskominfo Pekanbaru)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index