Pj Wali Kota dan Sekdako Pekanbaru Ikut Belanja

Warga Berduyun-duyun Habiskan 10 Ton Pangan GPM Dinas Pangan di Naga Sakti

Warga Berduyun-duyun Habiskan 10 Ton Pangan GPM Dinas Pangan di Naga Sakti
Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun didampingi Sekdako Indra Pomi Nst. Kadis Pangan H. Maisisco dan Kadis Pertanian saat wawancara bersama media di lokasi GPM.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Momen Gerakan Menanam Cabai (Gertam Cabai) yang dilaksanakan di  sentra pertanian Pekanbaru di Jalan Naga Sakti pada Rabu (7/2/2024) ternyata juga banyak dimanfaatkan oleh warga Kota Pekanbaru untuk berbelanja kebutuhan pokok rumah tangga.

Buktinya, meski telah menyiapkan tak kurang dari 10 ton bahan pangan campuran terdiri dari beras, gula, minyak goreng,  cabai, bawang, daging beku, ayam potog, namun semuanya ludes diserbu pembeli yang umumnya adalah akum ibu-ibu.

Mereka memanfaatkan betul kesempatan berbelanja dengan harga yang relatif murah tersebut untuk mendapatkan bahan pangan yang dibutuhkan untuk rumah tangga masing-masing. 

Meski pun harus antre selama hampir dua jam sembari menantikan selesainya seremoni gerakan tanam cabai, namun hal tersebut tak menyurutkan semngat mereka untuk berbelanja. Sembali membeli kupon belanja yang disediakan, mereka juga masih bisa membeli aneka kebutuhan untuk di rumah yang bisa dibeli tanpa harus membeli kupon. 

Di antaranya adalah membeli sayuran, aneka pangan olahan ayam, termasuk ayam potong dan daging beku.

Dari pantauan  riauskycom di lapangan, sebanyak 10 ton komoditas pangan yang disediakan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pekanbaru di lokasi Gerakan Pangan Murah (GPM) di Jalan Naga Sakti Kecamatan Binawidya Pekanbaru, Rabu (7/2/2024) ludes di serbu warga.

Pj. Wali Kota Muflihun dan Sekdako Indra Pomi didampingi Kadis Pertanian ikut berbelanja di arena GPM Dinas Ketahanan Pangan di Jalan Naga Sakti.

Tidak ada satu pun dari 12 komoditas yang disediakan yang tersisa dari pelaksanaan GPM yang dilaksanaan bersempana Launching Gerakan Menanam Cabai oleh Pj. Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

Bahkan, Pj. Wali Kota Muflihun didampingi Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan H.Maisisco dan Kadis Pertanian Firdaus tampak mendatangi dan berbelanja langsung di stand pelaksanaan GPM yang berada di lokasi pertanian tersebut.

Pj. Wali Kota membeli beberapa komoditas seperti cabai, bawang  serta aneka bahan makanan olahan dari kelompok tani yang ikut dalam kegiatan tersebut dan membagikannya kepada para petani dan masyarakat yang menghadiri GPM.

Pj. Wali Kota mengapresiasi pelaksanaan GPM yang pada saat itu ramai dikunjungi warga yang semenjak pagi hendak berbelanja kebutuhan pangan keluarga.

''Silakan berbelanja ya ibu-ibu,'' sapa Pj. Wali Kota.

Kepala DKP H. Maisisco bersama Sekdako Pekanbaru dan jajaran Forkopimda saat meninjau pelaksanaan GPM DInas Pangan di Naga Sakti.

Dari pantauan di lapangan, semenjak pagi hari, para kaum ibu sudah ramai antre di loket penjualan kupon GPM. Mereka antusias hendak berbelanja dikarenakan saat ini harga sejumlah komoditas pangan di pasar sedang mengalami kenaikan yang signifikan.

''Alhamdulillah, senanglah kami kalau ada GPM Dinas Pangan ini, harganya kan lumayan jauh dibandingkan di pasar,'' kata Sumarni, salah seorang ibu yang berbelanja.

''Kebetulan kami datang ke sini, ada acara GPM Dinas Pangan, ya sekaligus berbelanja,'' kata dia.

Dari pantauan meskipun harus menunggu selama beberapa saat sebelum bisa menukarkan kupon, namun warga yang berbelanja tampak demikian antusias.

Umumnya warga datang untuk membeli beras SPHP Bulog yang pada GPM ini dijual seharga Rp50.000 per kemasan 5 kilogram.

''Kalau di luar kan harganya sudah di atas Rp57.500, di sini di jual Rp50.000 tentu kita rebutan membeli. Cuma oleh pihak penyelenggara hanya boleh membeli maksimal 2 kemasan 5 kilogram atau 10 kilogram saja,'' ungkap Windari pengunjung lainnya.

Antrean kaum ibu hendak berbelanja.

Selain beras, komoditas lain yang banyak di cari warga adalah minyak goreng, gula dan cabai bawang.

Kadis Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, H. Maisisco didampingi Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinal Husna pada kesempatan tersebut menjelaskan pelaksanaan GPM kali ini dilaksanakan bertepatan dengan launching Gerakan Menanam Cabai.

GPM ini dilakukan sebagai sarana untuk melakukan stabilisasi harga terhadap sejumlah komoditas pangan khususnya di daerah-daerah yang rentan rawan pangan yang salah satu indikatornya adalah jauh dari pasar.

Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan DKP Dinal Husna ikut melayani pembeli cabai di arena GPM.

Maisisco  pun mengapresiasi tingginya animo masyarakat untuk berbelanja di lokasi GPM Dinas Pangan ini.

GPM merupakan salah satu kegiatan unggulan Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru. Kegiatan ini secara intens telah dilaksanakan selama 4 tahun terakhir dan selalu mendapatkan respon yang luar biasa dari seluruh masyarakat di setiap lokasi pelaksanaannya.

Karena itulah, pada tahun 2024 ini, volume pelaksanaan GPM oleh Dinas Pangan Kota Pekanbaru ini terus ditingkatkan sehingga bisa lebih tinggi lagi membantu masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan berkualitas, sehat dan aman dikonsumsi 

Berikut adalah harga komoditas pangan yang dijual oleh Dinas Pangan di lokasi GPM di Naga Sakti, Rabu (7/2/2024):

1. Beras SPHP seharga Rp50.000 per kmasan 5 kilogram
2. Beras Anak Daro Rp73.000 per kemasan 5 kilogram
3. Minyak goreng Rp12.000 per liter
4. Gula Rp14.000 per kilogram
5. Telur ayam Rp21.000 1/2 papan
6. Cabai merah Rp20.000 per 1/2 kilogram
7. Cabai rawit Rp10.000 per 1/2 kilogram
8. Bawang Merah Rp22.000 per 1/2 kilogram
9. Daging beku Rp80.000 per 1/2 kilogram
10.Ayam potong harga grosir
11.Nugget dan pangan olahan ayam Rp20.000 per kemasan.(galeri foto)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index