Mantan Wamen Dikbud Ini Apresiasi Kegiatan Entrepreneurship Award Kopertis Wilayah X

Jumat,29 Juni 2018 | 10:40:49 WIB
Mantan Wamen Dikbud Ini Apresiasi Kegiatan Entrepreneurship Award Kopertis Wilayah X
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Program kerja Kopertis Wilayah X yang selama dua tahun telah melaksanakan Entrepreneurship Award diapresiasi Mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamen Dikbud) Indonesia, Prof Dr Ir Musliar Kasim MS. Karena dari 14 kopertis di Indonesia cuma Kopertis Wilayah X yang baru memiliki kegiatan yang berdampak positif bagi mahasiswa ini.

Hal itu disampaikan Musliar usai menghadiri launching Kopertis Wilayah X Entrepreneurship Award II yang dipusatkan di Kampus Universitas Islam Riau Pekanbaru, Kamis siang (28/6).

"Saya salut dengan Pak Koordinator, dan program entrepreneurship award ini patut kita dukung. Sekaligus menjadi contoh bagi kopertis lain untuk melakukan hal serupa,'' kata Musliar Kasim kepada wartawan.

Menurut Musliar, kemajuan sebuah negara sangat ditentukan oleh entrepreneurship. Hari ini, kata Rektor Universitas Baiturrahmah Padang itu, orang selalu bertanya,  dimana anda bekerja setelah lulus perguruan tinggi, apakah jadi pegawai negeri sipil, profesional atau pegawai swasta.

"Sekarang pertanyaan itu harus kita ubah dengan menempatkan kalimat apa. Misalnya, apa usaha anda setelah lulus universitas. Jawabnya, entrepreneurship," kata Musliar.

Dijelaskan lelaki kelahiran Padang 29 April 1958 itu, program entrepreneurship award telah dimulai Kemen Ristek Dikti sejak tahun 2009. Waktu itu, Ristek Dikti memberi bantuan dana kepada mahasiswa melalui program wirausaha mahasiswa. Akan tetapi, award dalam bentuk seperti sekarang baru dimulai oleh Kopertis Wilayah X. Saat itu Kopertis baru memberi bantuan modal kepada mahasiswa sebesar Rp 8 juta. Modal tersebut dikelola secara berkelompok. Sekarang modelnya diubah dengan memberi hadiah kepada bisnis yang sedang berjalan dan bisnis yang akan  direncanakan.

"Semakin banyak orang-orang terdidik memulai usahanya maka akan terbuka lapangan pekerjaan. Mari kita sukseskan program entrepreneurship award ini. Alhamdulillah pelaksananya dipercayakan kepada Universitas Islam Riau. Saya yakin dan percaya pelaksanaan di tahun kedua ini akan lebih sukses dibandingkan dengan entrepreunership award tahun pertama,'' ungkap Musliar.

Musliar menyampaikan pujian dan apresiasinya itu dihadapan Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Dr Heri, SE, MBA, Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi, SH, MCL dan Ketua Panitia Ir Rosyadi, MSi. (R05/Mcr)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS