Jauh-jauh dari Aceh, Puluhan Jamaah Tarikat Naqsyabandiyah Ini Gelar Kunjungan Muhibah ke Kediaman Ustadz Abdul Somad di Riau

Minggu,08 Juli 2018 | 16:42:53 WIB
Jauh-jauh dari Aceh, Puluhan Jamaah Tarikat Naqsyabandiyah Ini Gelar Kunjungan Muhibah ke Kediaman Ustadz Abdul Somad di Riau
Ket Foto : Pimpinan (Mursyid/Guru) Tarikat Naqsyabandiyah Mu’tabarah, Abuya Syeikh H Abdussalam Ghaliby (duduk dua dari kiri) foto bersama dengan jamaah di depan Dayah Darul Ulumuddiniyah, Desa Rambong, Kecamatan Setia, Kabupaten Abdya, Sabtu (7/7/2018), sebelum ber

RIAUSKY.COM - Jamaah Tarikat Naqsyabandiyah Mu’tabarah yang berpusat di di Pesantren/Dayah Darul Ulumuddiniyah, Desa Rambong, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga sekarang ini sudah memiliki 107 pengurus cabang di kabupaten/kota dalam provinsi Aceh dan Tajung Pura, Sumatera Utara (Sumut).  

Tarikat ini dipimpin Abuya Syeikh H Abdussalam Ghaliby juga Pimpinan Pesantren/Dayah Darul Ulumuddiniyah.

Salah satu pesantren terkenal di Abdya itu didirikan oleh almarhum Maulana Syeikh H Muhammad Yatim bin Murabby Al-Khalidy pada 21 Januari 1952 (15 Dulkaedah 1372 Hijriah).

Sebagai pimpinan atau mursyid (guru) tarikat, Abuya  Syeikh H Abdussalam Ghaliby aktif menggelar pengajian yang dinamakan tawajjuh akbar, baik di lokasi dayah induk di Desa Rambong, Setia, Abdya, maupun lokasi pengurus cabang tarikat di kabupaten/kota di Aceh ketika melakukan kunjungan muhibah.

Sedangkan pada bulan Ramadhan melaksanakan ibadah suluk, terutama di Dayah Darul Ulumuddiniyah dipimpin langsung Mursyid Abuya  Syeikh H Abdussalam Ghaliby. Peserta ibadah suluk datang dari berbagai kabupaten/kota di Aceh.   

Upaya mempererat silaturrahmi, Jamaah Tarikat Naqsyabandiyah Mu’tabarah secara rutin setelah hari raya Idul Fitri melaksanakan kunjungan muhibah ke pengurus-pengurus cabang tarikat di Aceh dan Sumut.

Kunjungan  dipimpin langsung  Abuya  Syeikh H Abdussalam Ghaliby, melibatkan sejumlah sa’dul kulafah (wakil mursyid) serta puluhan jamaah.  

Tahun ini (2018), Jamaah Tarikat Naqsyabandiyah Mu’tabarah kembali melaksanakan kujungan silaturrahmi atau kunjungan muhibah ke pengurus cabang dalam wilayah Provinsi Aceh dan Tanjung Pura, Sumut.

Tidak kurang 20 jamaah dipimpin  Abuya  Syeikh H Abdussalam Ghaliby bertolak dari Dayah Darul Ulumuddiniyah, Desa Rambong, Setia, Abdya, Sabtu (7/7/2018) siang. Mereka menggunakan satu unit kendaraan pribadi dan satu unit kendaraan anggkutan umum.

“Kujungan silaturahmi kali ini, termasuk mengunjungi Ustaz Abdul Somad dikedimanan beliau di Riau,” kata  Abuya  Syeikh H Abdussalam Ghaliby seperti dikutip dari Serambinews.com.

Kunjungan itu karena para jamaah tarikat cukup bersemangat untuk bertemu kemudian berdialog langsung dengan ustaz kondang yang sering tampil mengisi ceramah di berbagai tempat di Indonesia, itu.

Jamaah tarikat berjumlah tidak kurang 20 orang bertolak dari dayah induk di Desa Rambong menempuh perjalanan darat  dari Abdya untuk mengunjungi pengurus cabang di Aceh Jaya, Banda Aceh, Aceh Utara, kemudian Tanjung Pura, Medan.

Di lokasi yang  dikunjungi, Abuya melakukan pertemuan dengan Rabitah Ikhwanni Alumni Dayah Darul Ulum (RIAD), sekaligus halalbihalal dengan para jamaah tarikat.

Dari Tanjung Pura, Sumut, para jamaah menuju Padang, Provinsi Sumatera Barat. Kemudian  melakukan ziarah Makam Syeikh Burhanuddin di Ulakan, Padang, salah seorang murid dari Syech Abdul Rauf al-Singkili.

Dari Padang, jamaah tarikat melanjutkan pejalanan mengunjungi Ustaz Abdul Somad di kediamannya di Riau.

Jamaah tarikat yang berpusat di Dayah Darul Ulumuddiniyah Abdya itu sangat mengharapkan   Dosen Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau itu bisa ditemui langsung dalam sebuah pertemuan silaturahmi.

Kunjungan silaturrahmi dengan menempuh perjalanan darat dari Aceh, Medan, Padang dan Riau tersebut diperkirakan menghabiskan waktu tidak kurang 15 hari. 

Abuya Syeikh H Abdussalam Ghaliby menjelaskan, kunjungan slaturrahmi akan dilanjutkan setelah Idul Adha mendatang. Jamaah melakukan kunjungan ke cabang-cabang tarikat di wilayah tengah Aceh, yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Benar Meriah, Aceh Tenggara dan Gayo Lues. (R02)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Ustadz Abdul Somad Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS