2015, Tingkat Inflasi Kota Dumai Paling Rendah se Sumatera

2015, Tingkat Inflasi Kota Dumai Paling Rendah se Sumatera
Mawardi Arsyad, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dari 23 kota di Sumatera yang menghitung Indeks Harga Konsumen (IHK) hingga bulan Desember 2015, semuanya mengalami inflasi. Namun, tingkat inflasi tertinggi terjadi di Kota Sibolga, sementara Kota Dumai meraih predikat kota dengan tingkat inflasi terendah.
 
Mawardi Arsyad, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau mengatakan, besaran inflasi yang terjadi di Kota Sibolga mencapai 2,12 persen, diikuti oleh Bukittinggi serta Padang yang masing-masing berada di angka 1,80 persen dan 1,79 persen.
 
"Untuk nilai IHK nya pula, Sibolga bertengger di posisi 123,39 persen, diikuti oleh Bukittinggi 121.52 persen, dan juga Padang 127,10 persen," jelas Mawardi, Selasa (5/1).
 
Mawardi juga menambahkan, tiga kota dengan nilai inflasi terendah sepanjang tahun 2015 secara berturut-turut adalah : Dumai, Meulaboh, dan juga Banda Aceh.
 
"Di Dumai itu tingkat inflasinya paling rendah, hanya sebesar 0,39 saja, untuk posisi kedua setelah Dumai ada Meulaboh yang hanya mengalami inflasi sebesar 0,49 persen, dan  juga Banda Aceh dengan timgkat inflasi sebesar 0,54 persen saja," jelas Mawardi lagi.
 
Lebih jauh mawardi menjelaskan, bila dilihat berdasarkan urutan inflasi dari 82 kota di Indonesia, maka Kota Dumai, kota dengan nilai inflasi terendah di Sumatera berada di urutan ke-80.
 
"Untuk Kota Pekanbaru sendiri, berada pada urutan ke-27 dengan nilai inflasi sebesar 1,24 persen," pungkasnya. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index