Dari Sore Hingga Malam Tadi, Gajah Nyasar ke Rumah Warga Pematang Pudu

Dari Sore Hingga Malam Tadi, Gajah Nyasar ke Rumah Warga Pematang Pudu
Kawanan gajah melintas di ruas jalan di wilayah Kecamatan Mandau.
MANDAU (RIAUSKY.COM) - Bukan hanya takut, warga di kawasan Kopel Apip Pematang Pudu, Mandau Bengkalis juga dibuat galau malam tadi. Belasan ekor kawanan gajah liar bermain dan mencari makan di sekitar pemukiman mereka. Peristiwa tersebvut terjadi dari petang hingga malam tadi.
 
Kehadiran kawanan gajah tersebut sudah terlihat semenjak petang hari. Saat warga hendak melaksanakan ibadah magrib. Tiba-tiba saja, kawanan gajah baik dewasa dan anakan terlihat melintasi jalan di sekitar pemukiman.
 
Warga yang melihat peristiwa itu hanya bisa melihat dari kejauhan sembari berharap kawanan gajah tersebut tidak sampai merusak tanaman pertanian yang mereka kelola. 
 
''Ya, mau bagaimana lagi, orang namanya binatang, kan gak bisa kita bilang. Paling ya kita buat suara ledakan-ledakan menggunakan karbit atau petasan supaya gajah-gajah ini pergi. Tapi biasanya mereka balik lagi, seperti beberapa hari terakhir,'' ungkap Masrial, warga di sekitar Kopel Apip. 
 
Sudah dua pekan ini, kawanan gajah terus masuk ke sekitar pemukiman warga yang terletak di sekitar kawasan hutan Balairaja yang ada di wilayah Kecamatan Mandau. Gajah-gajah ini memang merupakan satwa penghuni kawasan yng dulunya dilindungi tersebut. 
 
''Namun, semenjak maraknya okupasi lahan dari hutan menjadi pemukiman dan perkebunan, gajah yang lazimnya memiliki Home range di kawasan tersebut sering terperangkap masuk di kawasan pemukiman warga. Kadang ya mereka mencari makan di dekat kebun warga. Karena mungkin menurut mereka, disana makanan banyak,''ungkap Ketua Hipam (Himpunan Penggiat Alam) Duri, Zulhusni.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index