Siap-siap...Kata BMKG, Mei-September Riau Dilanda Musim Kemarau Panjang

Siap-siap...Kata BMKG, Mei-September Riau Dilanda Musim Kemarau Panjang

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ancaman kebakaran lahan dan hutan di Riau diperkirakan akan terus berlangsung hingga September mendatang. Pasalnya, dari analisasi Badan Meteorologi Kkimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru menyebutkan, musim kemarau di Riau berlangsung cukup lama.

 
"Mulai dari tanggal 1 sampai 10 April itu BMKG prediksi masih kemarau, 11 sampai akhir April memasuki musim hujan. Awal Mei sampai September itu musim kemarau," ujar Dandrem 031 Wirabima, Brigjend TNI Nurendi MSi (han) di Posko Satgas Karlahut, Lanud Roesmin Nurjadin, Jumat, 18 Maret 2016.
 
Sebab itulah, ia meminta seluruh aparatur pemerintahan, Dandim, Polres di 12 Kabupaten dan Kota di Riau untuk meningkatkan langkah pencegahan dan sosialisasi karlahut ini.
 
"Gencarkan lagi langkah pencegahan dan penindakan. Setiap aparat pemerintahan hingga desa kita minta untuk melakukan sosialisasi, bila perlu buat selebaran ataupun famplet yang berisi larangan pembakaran lahan," tandasnya.
 
Selain itu, Dandrem juga memerintahkan agar kanal ataupun embung air yabg sudah ada harus dilakukan pengecekannl secara berkala."Kanal yang sudah dibangun itu harus dicek ulang. Jangan sampai kanal yang terkena banjir sudah hilang. Kemarau datang ya kebakaran lagi," cetusnya.
 
Hadir dalam kesempatan itu tujuh Dandim di Riau, Korem 023 Sibolga (Sumut), Mayor Inf Simbolon, Kasi Ops Korem 022 Pantai Timur, Letkol Fahmi."Pangdam memerintah dua perwakilan Korem 023 Sibolga dan Korem 022 Pantai Timur untuk ikut datang kesini, kita ingin langkah pencegahan diwilayah Kodam I," pungkasnya. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index