BMKG: Hotspot Masih Muncul di Pesisir Riau

BMKG: Hotspot Masih Muncul di Pesisir Riau
Logo BMKG

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tiga hotspot masih terpantau berada di Riau. Titik panas ini tersebar di wilayah pesisir, seperti Kabupaten Inhil, Kepulauan Meranti dan Rohil.

 
Demikian diungkapkan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Sugarin, Kamis, 24 Maret 2016. 
 
Menurutnya, munculnya titik panas ini tidak terlepas dari kondisi udara yang kering dan panas diwilayah pesisir.
 
"Wilayah pesisir ini sangat rentan terbakar, karena memang sangat jarang diguyur hujan. Sehingga area ini menjadi kering dan mudah terbakar. Kalau sudah terbakar sangat cepat meluas ke area lain," ujarnya.
 
Seperti di Pulau Rangsang Meranti sambungnya, sudah lebih 21 hari tidak disiram hujan, sehingga kebakaran lahan cukup luas tak terhindarkan."Kemarin kita terima laporan memang ada area ataupun lahan yang terbakar disana," tandasnya.
 
Ditambahkan Sugarin, pada umumnya cuaca di wilayah Riau Cerah hingga Berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di wilayah Riau bagian barat, tengah dan selatan pada sore dan malam hari.
 
Dari pencitraan satelit terra dan aqua, terdapat 9 titik panas atau hotspot di pulau Sumatera. Provinsi Aceh Lima titik dan Sumut Satu titik. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index