Puluhan Warga Tiga Desa di Pelalawan Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Puluhan Warga Tiga Desa di Pelalawan Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah
Suasana pelatihan penyelenggaraan jenazah di Pelalawan.

 

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) – Sebanyak 22  warga dari Desa Lalang Kabung, Desa Sering, dan Desa Simpang Perak Jaya, Kabupaten Pelalawan  antusias memperhatikan penjelasan Mantan  Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pelalawan dua periode, H Abdullah Sani mengenai penyelenggaraan jenazah di Mesjid Nurul Yakin, Rabu, 30 Maret 2016.
 
Abdullah tidak hanya menjelaskan, tetapi juga memperagakan langsung bagaimana memandikan mengkafani, menyolatkan jenazah hingga menguburkan jenazah.
 
Kegiatan yang digelar Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ini cukup  unik. Alat peraga yang digunakan sebagai pegganti manusia adalah boneka. Hal tersebut bertujuan agar apa yang ia sampaikan dapat langsung dimengerti oleh para peserta.
 
“Kita langsung praktek, supaya mudah diingat dan dimengerti. Setelah ini,para peserta  dapat mempraktekkannya di desa masing-masing. Umumnya, yang bisa memandikan jenazah adalah yang tua-tua. Kebetulan tadi ada yang masih muda dan menurut saya bagus sekali, semoga ditiru yang lain,” tuturnya.
 
Salah satu peserta dari Desa Lalang Kabung, Rusrizal menuturkan kegiatan penyelenggaraan jenazah ini dapat menambah pengetahuannya. Sehingga ilmu yang Ia dapat dari pemateri dapat menularkan kepada pemuda di desanya.
 
“Saya senang dengan adanya pelatihan ini karena sangat dibutuhkan. Sekarang jarang sekali anak muda menjadi petugas penyelenggaraan jenazah. Ilmu ini juga dapat kami tularkan kepada warga di desa. Apalagi kami juga dibelaki dengan buku paduan penyelenggaraan jenazah” terangnya.
 
Menurut Kepala Desa Lalang Kabung, Murlis, kegiatan ini cukup positif. Sebab, pelatihan penyelenggaraan jenazah belum pernah dilakukan di ketiga desa. 
 
“Ini yang pertama dan sangat bagus. Kami juga senang pematerinya langsung dari MUI Pelalawan. Kami harap ada kegiatan lain juga seperti membaca Al Quran,” tuturnya.
Sementara itu, CD Officer RAPP Marjikin mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk warga. Pasalnya, ide kegiatan ini tidak hanya berasal dari perusahaan, tapi juga dari warga desa.(R11/i)
 

Listrik Indonesia

#RAPP

Index

Berita Lainnya

Index