Antisipasi Banjir, BPBD Pekanbaru Dirikan Tenda Pengungsian di Cipta Karya

Antisipasi Banjir, BPBD Pekanbaru Dirikan Tenda Pengungsian di Cipta Karya

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kota Pekanbaru bergerak cepat guna mengantisipasi banjir. Seperti dengan mendirikan tenda jika warga harus mengungsi di Jalan Cipta Karya, Tampan.

Dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pekanbaru Eli Farsya, tenda tersebut sudah berdiri sejak Rabu (7/3) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

"Memang sudah sejak kemarin kita siagakan tenda pengungsian ini. Jadi warga yang rumahnya kebanjiran, sambil menunggu air surut bisa terlebih dahulu di tenda yang kita siapkan," ujar Eli, Kamis (8/3).

Ia mengatakan untuk tenda ini masih akan terus disiagakan oleh BPBD di lokasi. "Kita masih akan terus berkoordinasi dengan BMKG apakah hari ini masih akan turun hujan atau tidak. Tapi dari yang saya baca di media, hari ini masih ada potensi hujan," ungkapnya.

Selain itu, ujar Eli, di tenda pengungsian juga disiagakan tim kesehatan untuk mengecek kesehatan warga akibat dampak dari banjir. "Kita juga berkoordinasi dengan lintas sektor. Jadi pihak Puskesmas Sidomulyo mulai hari ini sudah stay di tenda pengungsian untuk mengecek kesehatan warga," tukasnya.

Sementara itu, Warga Perumahan Taman Cipta City, Via yang menjadi korban banjir mengaku sudah berada di tenda pengungsian dari kemarin.

"Tadi malam ada sekitar 150 KK yang menginap di tenda pengungsian. Karena memang banjir sampai malam tadi belum surut. Tapi memang ada juga yang sudah surut dan mereka sudah pulang," ujar Via.

Ia mengatakan, selain BPBD, pihak Dinsos juga sudah datang memberikan bantuan. "Dari partai juga kemarin ada yang kesini. Alhamdulillah ada bantuan lah untuk kita, kayak beras, telor, mie. Alhamdulillah," ucapnya.

Lanjutnya, untuk saat ini warga sudah kembali pulang ke rumah masing-masing karena air sudah surut.

"Tapi ini pagi tadi ada dari Pihak Puskesmas yang datang kesini dan mengecek kesehatan kami. Kami sangat bersukur. Kalau tadi saya lihat, banyak yang mengeluh gatal-gatal dan beberapa ada juga yang tak sengaja terinjak paku saat banjir kemarin," pungkasnya. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index