Di Rohul Masih Ada Depot Air Minum Isi Ulang yang Tidak Berizin

Di Rohul Masih Ada Depot Air Minum Isi Ulang yang Tidak Berizin
Kepala Dinas Kesehatan Rohul, dr Bambang Triono

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu dr Bambang Triono mengakui bahwa masih ada depot air minum isi ulang di 16 Kecamatan se Rokan Hulu yang belum memiliki izin.

Selain masih membandelnya pengusaha depot air minum isi ulang dalam mengurus izinya ke Pemda Rokan Hulu, pengusaha depot air minum isi ulang di Rokan Hulu juga tidak mau dilakukan pemeriksaan air tersebut secara berkala.

Dalam aturan kesehatan, air minum isi ulang itu harus diperiksa secara teknis oleh petugas kesehatan dilapangan dalam menentukan layak atau tidaknya air itu dikonsumsi oleh masyarakat.minimal pemeriksaan dilakukan 1 kali dalam enam bulan.

Penjelasan itu disampaikan dr Bambang Triono kepada Riausky.com terkait dengan masih adanya pengusaha depot air minum isi ulang di Rohul yang tidak memiliki izin.

"Jumlah pastinya yang tidak memiliki izin saya belum cek. Yang pasti, ada yang tidak memiliki izin. Nanti akan saya cek lagi." papar dr Bambang Triono yang juga pernah menjabat sebagai Dirut RSUD Rohul.

Dr Bambang juga mengharapkan kepada dinas teknis lainnya seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rohul untuk dapat bersama memantau kondisi dan perkembangan usaha depot air isi ulang di lapangan. 

Kepada pimpinan Puskesmas se Rokan Hulu dikecamatan, dr Bambang mengingatkan untuk segera mendata depot air isi ulang dilapangan. Begitu juga Bagian Kesehatan Mayarakat Diskes Rohul. Karena apabila terjadi keracunan masyarakat akibat minum air isi ulang, yang akan dipersalahkan adalah Dinas Kesehatan Rokan Hulu. Untuk itu tetap melakukan pemeriksaan secara berkala dilapangan. (R19)

Listrik Indonesia

#Rokan Hulu

Index

Berita Lainnya

Index