Mengenal Lebih Jauh Tentang Solid State Drive (SSD) Pada Laptop

Mengenal Lebih Jauh Tentang Solid State Drive (SSD) Pada Laptop
Ilustrasi

RIAUSKY.COM - Apabila membicarakan tentang perangkat penyimpanan pada sebuah laptop ataupun PC, kebanyakan orang mungkin akan mengenal HDD atau haddisk. Namun, pada kenyataannya perangkat penyimpanan pada laptop bukan hanya HDD saja. Ada juga SSD alias Solid State Drive yang juga merupakan salah satu media penyimpanan utama. Lantas, apa itu yang dimaksud dengan SSD laptop dan apa bedanya dengan HDD? Itu yang akan menjadi pembahasan kali ini.

Secara garis besarnya, fungsi dari SDD dan juga HDD sama, yaitu sebagai media di dalam laptop maupun komputer untuk menaruh semua data. Booting sebuah laptop pun mengandalkan benda ini. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, kini hardisk bukan lagi jadi satu-satunya yang diandalkan sebagai tempat penyimpanan di dalam laptop atau PC. SSD kini lambat laun mulai dilirik para pengguna laptop karena diklaim lebih cepat, kinerjanya lebih tinggi, namun konsumsi dayanya lebih rendah jika dibandingkan dengan HDD.

Meskipun secara fungsi memang sama antara SDD dan HDD, tetapi secara konstruksi, keduanya sangat berbeda. SSD laptop sekarang ini mulai muncul pada beberapa ultrabook alias laptop yang desainnya tipis. Mungkin sebagian besar masyarakat yang akan membeli ultrabook akan diberikan penawaran mau memakai laptop yang mengusung HDD atau SSD.

Kalau HDD lebih terkenal, maka mari kita mengenal lebih jauh lagi tentang SSD laptop. SSD merupakan perangkat penyimpanan yang memakai serangkaian IC sebagai memori yang dipakai untuk menyimpan data ataupun informasi pada laptop. Untuk menganalogikannya, sebagian besar dari kita pasti sudah tak lagi asing dengan perangkat penyimpanan bernama USB Flash Drive atau Flashdisk.

Alat elektronik tersebut fungsinya tak lain adalah untuk menyimpan data dan bisa dengan mudah untuk dibawa kemanapun karena bentuknya yang rata-rata cukup kecil. Saat ingin digunakan, cukup dicolokkan pada port USB yang ada pada laptop, kemudian selesai digunakan tinggal dilepas, sangat simple memang.

Nah, SSD sendiri dapat dianggap sebagai alat penyimpanan yang lebih canggih dari Flashdisk dengan kapasitas ruang penyimpanan yang jauh lebih besar serta berguna sebagai pengganti HDD yang memang lebih banyak ditanamkan pada laptop. Jadi, kalau disimpulkan SSD laptop adalah perangkat penyimpanan seperti harddisk, namun konstruksinya seperti falsh disk yang tersusun dari berbagai IC sebagai memorinya.

Sama halnya dengan flashdisk, SSD juga tidak mempunyai komponen bergerak di dalamnya. Data maupun informasi pada sebuah laptop SSD hanya disimpan dalam sebuah microchips. Tentu ini berbeda dengan harddisk yang mempunyai lengan mekanik bergerak untuk menulis maupun membaca data pada sebuah piringan magnetik. Perbedaan itulah yang membuat SSD bekerja lebih baik dibandingkan dengan harddisk dan juga konsumsi dayanya lebih kecil dibanding harddisk, karena memang SSD tidak memiliki komponen bergerak ketika bekerja.

Jika HDD bergerak secara mekanik untuk mengambil ataupun penyimpanan data dan informasi pada laptop, namun SSD laptop bekerja secara elektrik untuk mengambil ataupun menyimpan data dan informasi. Sehingga kinerjanya juga lebih cepat SSD daripada HDD.

SSD juga terjual secara terpisah. Untuk mendapatkan SSD berkualitas dan dengan harga yang lebih hemat, maka Bukalapak adalah jawabannya. Ada banyak sekali SSD dengan kapasitas yang bermacam-macam dari berbagai brand dan juga pastinya harga yang bermacam-macam di Bukalapak. Manfaatkan promo diskon yang kerap dihadirkan oleh Bukalapak untuk membeli SSD laptop dengan harga lebih terjangkau. Tidak hanya SSD saja pastinya, di Bukalapak pun Anda dapat menjumpai perlengkapan elektronik lainnya yang terbaru dan tercanggih, seperti speaker komputer salah satunya. (R01)

Listrik Indonesia

#Bukalapak

Index

Berita Lainnya

Index