Tak Hanya Pohon Angpao, Inilah Pernak-pernik untuk Meriahkan Imlek

Tak Hanya Pohon Angpao, Inilah Pernak-pernik untuk Meriahkan Imlek

RIAUSKY.COM - Masyarakat keturunan Tionghoa akan bersukacita merayakan tahun baru Imlek yang jatuh pada tanggal 5 Februari 2019 nanti. Seluruh persiapan dilakukan demi menyambut tahun babi tanah yang diharapkan bisa memberikan keberuntungan. Pernak-pernik Imlek bernuansa merah yang melambangkan kebahagiaan, antusiasme, semangat dan keberuntungan wajib ada di rumah. Jangan lupa pula menyiapkan pohon angpao

Pohon tersebut untuk menggantungkan angpao yang nantinya akan diberikan kepada anak-anak maupun kerabat. Selain itu, ada beberapa pernak-pernik Imlek yang juga wajib Anda persiapkan. Lebih lengkapnya akan diulas di bawah ini.

1. Angpao

Sudah punya dekorasi rumah yang keren seperti pohon angpao, maka tidak lengkap kalau Anda tidak mempersiapkan angpao asli berisi uang. Ya, angpao merupakan amplop merah berisi uang sebagai wujud kasih sayang orang dewasa pada orang lebih muda atau anak-anak. Pada momen Imlek, hal yang paling ditunggu anak-anak adalah pemberian angpao lho!

2. Pajangan

Imlek Pernak-pernik berupa pajangan atau gantungan khas Imlek memang merupakan sarana memeriahkan tahun baru lebih semarak selain keberadaan pohon angpao. Pajangan shio, stiker, simbol keberuntungan hingga aneka lampion Imlek yang wajib ada di rumah.

Segala pernak-pernik ikonik Imlek ini biasanya berwarna merah atau emas sebagai harapan pembawa keberuntungan di kehidupan mendatang. Jangan lupa mempersiapkan lilin Imlek yang banyak dijual sebagai harapan rejeki yang lebih baik pada tahun nanti.

3. Pakaian baru

Tahukah Anda bahwa masyarakat Tionghoa percaya mengenai hari pertama Imlek adalah awal harapan dan semangat baru di pergantian shio? Ya, tak hanya memakai pakaian berwarna merah saja, masyarakat etnis Tinghoa wajib memakai pakaian baru untuk menyambut awal tahun tersebut.

4. Makanan khas Imlek

Imlek selalu identik dengan pertemuan keluarga besar sehingga jamuan makan merupakan tradisi yang masih lestari hingga sekarang. Makanan khas Imlek seperti jeruk mandarin, kue keranjang, dodol cina dan aneka hidangan lain. Salah satu makanan khas yang selalu ada adalah mie. Ya, mie dibuat dalam untaian tanpa putus dari satu ujung ke ujung lain sebagai pertanda umur yang panjang.

Banyak pula parsel makanan yang dibagikan pada saudara atau rekan sebagai bentuk kesejahteraan dan keharmonisan keluarga. Aneka makanan yang biasa dijadikan parsel antara lain kue-kue, buah jeruk mandarin hingga buah naga yang dianggap memiliki hoki.

5. Petasan atau kembang api

Petasan banyak dibunyikan pada malam tahun baru Imlek tepat pukul 00.00 yang dipercaya bisa mengusir roh jahat dan segala keburukan. Selain itu, petasan diyakini mampu mendatangkan dewa kekayaan di depan pintu rumah. Masyarakat mulai menyalakan petasan dari ukuran kecil sebagai pertanda meninggalkan segala keburukan dan nasib dimasa lalu. Kemudian petasan berukuran besar dibunyikan sebagai pertanda pengucapan selamat datang tahun baru.

Pernak-pernik berupa petasan mungkin tidak bisa dibunyikan secara leluasa di Indonesia terkait penyalahgunaan bahan peledak ini. Ada peraturan yang melarang penggunaan petasan karena dampak negatif yang diberikan.

Demi menghindari risiko buruk, petasan bisa diganti dengan aksesoris Imlek lain yaitu kembang api. Anda bisa membunyikan kembang api bersama dengan anggota keluarga lain untuk menyambut tahun baru Imlek sebentar lagi.

Apakah Anda sudah mempersiapkan segala pernak-pernik menyambut tahun baru Imlek? Pilih aneka kebutuhan Imlek seperti pohon angpao, pajangan shio dan lain-lain lewat situs loka market terbaik. Di Bukalapak.com, Anda bisa mendapatkan segala pernak-pernik Imlek lho! Mau pilih pohon angpao Mei Hwa yang ikonik atau pohon lain yang lebih bervariasi, tergantung selera Anda saja. Yuk, belanja kebutuhan Imlek yang murah dan berkualitas sekarang juga!. (*)

Listrik Indonesia

#Bukalapak

Index

Berita Lainnya

Index