Makin Jelas, Ferdinand Hutahaean Tegaskan Partai Demokrat Tidak Memiliki DNA Oposisi

Makin Jelas, Ferdinand Hutahaean Tegaskan Partai Demokrat Tidak Memiliki DNA Oposisi
Ferdinand Hutahean

RIAUSKY.COM - Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan Partai Demokrathampir tidak memiliki DNA untuk menempatkan diri sebagai oposisi. 

“Sejauh ini Demokrat condong sebagai partai penengah atau pendukung pemerintah,” kata dia saat dihubungi, Sabtu 8 Juni 2019.

Namun demikian Ferdinand mengatakan sampai saat ini partai masih belum menentukan arah politik, bergabung dengan koalisi pemerintah atau tidak. Saat ini partai lebih dulu fokus menyelesaikan kewajiban sosial keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono, atas meninggalnya Ibu Ani Yudhoyono.

“Setelah itu partai akan kembali melanjutkan percaturan politiknya,” ucap Ferdinand. Pada saat itu tiba, ia memastikan akan ada perkembangan. 

“Tunggu saja bagaimana perkembangannya nanti, apakah Partai Demokrat akan tetap menjadi partai penyeimbang atau partai pemerintah.” katanya seperti dilansir dari Tempo.co.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief mengungkap Demokrat saat ini memiliki hak menentukan arah politiknya. Demokrat bisa keluuar dari koalisi pendukung Prabowo – Sandiaga karena koalisi bukanlah fusi. Saat ini mereka tinggal menunggu hasil gugatan sengketa hasil pemilihan presiden 2019 di Mahkamah Konstitusi.

Tim kampanye Naisonal Joko Widodo - Ma'ruf Amin menyambut positif kemungkinan bergabungnya Partai Demokrat ke koalisi pendukung pemerintah. 

Mereka menilai langkah dua pimpinan Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono, menghadiri open house Presiden Jokowi dan berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, merupakan gesture politik yang baik.

"Tentu ini akan semakin menyejukkan suasana politik yang agak memanas akhir-akhir ini," kata Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Ahmad Rofiq , Kamis, 6 Juni 2019.

Rofiq menilai kedatangan dua anak Susilo Bambang Yudhoyono itu, lebih dari sekadar bersilaturahmi di Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah ini. Ia melihat kedatangan mereka membawa pesan dari jajaran pimpinan Partai Demokrat kepada Jokowi, bahwa partai biru itu telah menerima hasil pemilu dan siap untuk mendukung pemerintahan. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index