5 Tahun Tak Pulang, Air Mata Misem Tumpah Begitu tahu 3 Anak dan 1 Cucunya Dikubur di Belakang Rumah

5 Tahun Tak Pulang, Air Mata Misem Tumpah Begitu tahu  3 Anak dan 1 Cucunya Dikubur di Belakang Rumah
Proses Pra rekonstruksi yang dilakukan di lokasi penemuan tulang belulang para korban.

BANYUMAS (RIAUSKY.COM)- Misem (76) tak pernah menyangka tiga anak dan seorang cucu yang hampir lima tahun hilang ternyata terkubur di belakang rumahnya. 

Setiap Lebaran, Misem selalu memasak banyak makanan, berharap mereka pulang. Namun, orang-orang yang dia sayang tak pernah pulang.

"Setiap Lebaran, selalu menyiapkan makanan, seperti ketupat, dalam jumlah yang banyak. Sebab, berharap anak-anak dan cucunya itu pulang," kata salah seorang tetangga Misem, Sihad, kepada wartawan, Rabu (28/8/2019).

Mantan Ketua RT 7 RW 3 Grumbul Karanggandul, Desa Pasinggangan, Kecamatan Banyumas, ini bercerita Misem juga selalu membersihkan kamar para korban.

"Masih suka masak sendiri, mengandalkan uang pensiunan (suami). Paling keluar jika ingin membeli makanan," jelasnya.

Hal yang sama disampaikan anak keempat Misem, Edi Pranoto (49). Misem selama ini hanya tahu tiga anak dan seorang cucunya pergi merantau ke Jakarta. 

"Namanya orang tua tetap (mengharapkan mereka pulang). Saya bilang, diikhlaskan saja, kalau memang waktunya, ya pada pulang," ujarnya.

Empat korban adalah Supratno alias Ratno (51) anak pertama, Sugiono alias Yono (46) anak ketiga, dan Heri Sutiawan alias Heri (41) anak kelima, serta cucu Misem, Vivin Dwi Loveana alias Pipin (22), anak Supratno. 

Mereka dihabisi oleh Saminah, saudara kandung ketiga korban pria. Tak sendirian, Saminah beraksi bersama tiga anaknya, Saniah Roulita alias Sania (37), Irfan Firmansyah alias Irfan (32), dan Achmad Saputra alias Putra (27), pada Oktober 2014.    


Tetapkan Empat Tersangka, Polisi Gelar Prarekonstruksi

Polisi menggelar prarekonstruksi kasus pembunuhan empat bersaudara yang jasadnya diitemukan tinggal kerangka di Banyumas. Para pelaku memperagakan 18 adegan. 

"Ada sebanyak 18 adegan yang diperagakan oleh para tersangka pembunuhan," kata Kanit Reskrim III Polres Banyumas, Ipda Rizqi Adhiansyah Wicaksono kepada wartawan di lokasi kejadian, Rabu (28/8/2019).

Aksi pembunuhan ini terjadi pada Oktober 2014 dan baru terbongkar pada Kamis (22/8/2019). Mayat korban sudah jadi kerangka ditemukan di kebun belakang rumah Misem yang berada di Grumbul Karanggandul, Desa Pasinggangan, Kecamatan Banyumas. Para korban merupakan tiga anak dan seorang cucu Misem. 

Rizqi menjelaskan bahwa prarekonstruksi ini digelar untuk meyakinkan para penyidik terkait dengan pasal yang disangkakan.

"Kemudian juga peran-peran dari keempat tersangka, terutama siapa pelaku utamanya, siapa yang membantu, dan siapa yang menghilangkan barang buktinya," ujarnya.

Dia menegaskan hingga saat ini tersangka dalam kasus ini masih berjumlah empat orang yakni Saminah dan tiga anaknya yakni Irvan, Putra dan Saniah. Sedangkan Saminah merupakan anak dari Misem, pemilik rumah dan kebun lokasi pembunuhan pada 2014 silam. 

"Kita tidak tahu dalam proses penyidikan nanti, sementara baru empat," jelasnya. 

Dia menjelaskan jika pelaku atau tersangka utama adalah Irv, Put, dan Smn. Sedangkan untuk tersangka Snh, akan dikenakan pasal 480 karena dia hanya menjual motor dan laptop milik para korban. 

"(Menurut keterangan tersangka) korban pertama yang dibunuh adalah Sugiyono, kemudian datang korban Supratno dengan mengendarai sepeda motor yang juga dihabisi di ruang tengah. Kemudian datang saudara Heri, dan terakhir adalah Pipin," jelasnya. 

"Dengan pola yang sama (Aksi pembunuhan) mereka menggunakan alat yang sama berupa linggis, dan tabung gas," ujarnya. 

Setelah itu, mereka menumpuk mayat-mayat tersebut di kamar tengah rumah Misem. Mereka melakukan rangkaian pembunuhan itu mulai dari pukul 14.00 hingga menjelang petang. 

Mayat para korban baru dikubur pada keesokan harinya. 

"Karena sudah diniatkan menghilangkan barang bukti, maka mereka mengkondisikan lubang-lubang kuburan," jelasnya.

Lubang yang disiapkan para pelaku berukuran 1,5x1,2 meter dengan kedalaman 40 cm.

"Karena memang posisi dari korban tertekuk. Korban semua sudah dalam keadaan mati lemas, karena sudah lebih dari 12 jam," ungkapnya.

Setelah itu mereka menghilangkan bercak-bercak darah di rumah. 

Dari hasil pemeriksaan, pemicu utama pembunuhan ini yakni masalah waris. Masalah warisan sering memicu pertengkaran antara Saminah dengan para korban. 

"Menurut keterangan dari para tersangka para korban ini sering memaki dan sering menghina dan tindakan yang menyakiti hati dari para anak-anak Smn dan Bu Smn itu sendiri," jelasnya. 

"Karena sudah dendam sejak kecil, pada saat yang tepat mereka sudah dewasa mereka membalas dendam kepada saudara-saudaranya," tambahnya.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi para tersangka memperagakan bagian per bagian di dalam rumah Misem dan Smn. Sempat diperagakan seorang warga yang mendatangi rumah tersebut karena mendengar suara gaduh. 

Kemudian dua tersangka menggali tanah di belakang rumah Misem serta membawa para korbannya dengan menggunakan tikar dan dimasukkan ke dalam lubang.(R05) 

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index