Pertamina: April, Harga BBM Jenis Premium dan Solar Turun

Pertamina: April, Harga BBM Jenis Premium dan Solar Turun

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - PT Pertamina menyatakan, harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis premium dan solar turun pada April 2016. Hal ini, menyesuaikan rata-rata harga minyak mentah dunia sejak dua bulan belakangan yang mengalami tren menurun. 

 
Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, memastikan penurunan harga BBM public service obligation (PSO), atau kewajiban pelayanan publik itu. Penyesuaian harga dihitung dari rata-rata harga minyak mentah selama tiga bulan.
 
"Pastilah April turun, kenapa pasti? Karena, rata-rata harga BBM subsidi atau PSO itu selama tiga bulan lalu, atau rata-rata tiga bulan. Itu dihitung turun, itu untuk tiga bulan ke depan, kita lihat ini kemungkinan turun," katanya di SPBU Coco Abdul Muiz Jakarta, Rabu 17 Februari 2016.
 
Ia menyampaikan, perhitungan harga rata-rata itu dilakukan mulai dari tanggal 25 Desember 2015 hingga 24 Maret 2016. Menurutnya, potensi untuk penurunan harga premium dan solar ini bisa berubah naik, jika harga minyak kembali naik drastis, menyusul pertemuan antara Pemerintah Arab Saudi dan Rusia, terkait penetapan batas atas produksi minyak.
 
"Kalau untuk (penetapan) harga ini tiga bulan sekali, tetapi rata-rata itu sekarang kan turun, saya rasa kita udah turun itu," kata dia.
 
Selain itu, dia menambahkan, di tengah anjloknya harga minyak dunia, Pertamina masih tetap bisa mempertahankan keuntungan perusahaan.
 
"Jadi, saya katakan 2015 akibat tertolong oleh bulan Oktober, November dan Desember solar untung, premium juga untung. Sebetulnya untuk PSO, pertamina punya margin 1,4 persen, ada untung, tidak rugi," kata dia. (R02/VIV)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index