GANAS... IPK dari Sijunjung, Puluhan Truk Angkut Kayu dari Kawasan Hutan Tebandang Hulu Kuantan

GANAS... IPK dari Sijunjung, Puluhan Truk Angkut Kayu dari Kawasan Hutan Tebandang Hulu Kuantan
Aktivitas illegal logging di Hulu Kuantan berbatasan dengan kabupaten Sijunjung Sumbar.
TELUK KUANTAN (RIAUSKY.COM) - Kawasan hutan Riau di daerah Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi yang berbetasan dengan daerah Sijunjung, Sumatera Barat dijarah oleh perambah liar.
 
Berbekal Izin pemanafaatn Kayu (IPK) yang diterbitkan di Sijunjung, saat ini, puluhan truk setiap harinya mondar-mandir menghabisi kawasan hutan penyangga yang menjadi bagian dari ekosistem lingkungan di Hulu Kuantan.
 
Dinas kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi sejauh ini mengaku mengetahui aktivitas illegal yang meluluh lantakkan kawasan hutan di wilayahnya. Hanya saja, dia mengaku tidak bisa berbuat banyak karena, untuk mlakukan penertiban dan koordinasi dengan instansi terkait di Sijunjung, pihaknya tidak memiliki biaya. 
 
Kepada wartawan, Plt. Kadis Kehutanan Kuansing, Abriman, S,Hut mengaku, saat ini marak kegiatan illegal logging di kawasan hutan Buki Tabandang di kecamatan Hulu Kuantan khususnya yang berbatasan dengan Sumatera Barat.
 
Namun jajaran Dinas Kehutanan Kuansing tidak dapat berbuat banyak mencegahnya, pasalnya terkendala dana untuk menggelar aksi penertiban dan razia kelapangan. 
 
" Kita sudah sampaikan maraknya illegal logging di hutan kecamatan Hulu Kuantan dan dampaknya , pimpinan sudah meminta Kita membuat perencanaan razia dan penindakan, namun terkendala masala pendanaan, "ujar Abriman yang dikonfirmasi disela-sela hearing KUA PPAS RAPBD-Perubahan Kuanisng 2016 di DPRD beberapa waktu lalu seperti dilansir dari kuansing terkini.
 
"Pak Bupati sudah Kita lapori, beliau minta ditertibkan dan minta Dishut membuat perencanaan untuk penindakan, untuk aksi Kita akan menunggu dana, paling setelah APBD-Perubahan selesai Kita akan turun ke lapangan," ujarnya.(R01/i)

Listrik Indonesia

#Illegal Logging # Perambahan hutan

Index

Berita Lainnya

Index