Distanak Pekanbaru Lalukan Inseminasi Buatan, Targetkan 242 Sapi Bunting

Distanak Pekanbaru Lalukan Inseminasi Buatan, Targetkan 242 Sapi Bunting
Elsyabrina
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tingginya harga daging sapi tahun ini. Coba disiasati pemerintah pusat dengan program Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang diluncurkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
 
Bersinergi dengan program tersebut, Dnas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru lakukan Inseminasi Buatan sapi di Tenayan Raya. Ditargetkan tahun ini ada 242 sapi bunting di Pekanbaru.
 
"Guna mencapai Swasembada Daging tahun 2025 mendatang, Selasa besok operasional IB SIWAB akan dilaksanakan di Kecamatan Tenayan Raya," kata Kepala Distanak, Elsyabrina, Senin, 14 November 2016.
 
Untuk program UPSUS SIWAB seluruh Indonesia ditargetkan sekitar 56.234 ekor. Sedangkan untuk Pekanbaru sendiri, tahun ini ditargetkan sebanyak 242 ekor sapi bunting.
 
"Jadi untuk perdana ini ada sekitar 153 ekor sapi akan kita inseminisasi atau kawin alami," jelasnya.
 
Dikatakannya, kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan di Pekanbaru. Namun akan dilakukan serentak di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau.
 
Namun ditambahkannya, Distanak akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap sapi-sapi betina milik para petani yang ada di Tenayan Raya. Jika belum bunting, maka akan diberikan inseminasi.
 
"Setelah itu, kita akan mencatat. Namun, bila belum juga bunting. Maka akan diberikan lagi. Pemberian inseminasi ini gratis dan tidak dipungut biaya,"tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index