TEGAS...Ustadz Abdul Somad Ditolak di Bali, PBNU: Dakwah Tak Boleh Dilarang!

TEGAS...Ustadz Abdul Somad Ditolak di Bali, PBNU: Dakwah Tak Boleh Dilarang!
Ustadz Abdul Somad

JAKARTA (RIAUSKY.COM) – Penolakan terhadap Ustad Abdul Somad oleh sejumlah massa dari ormas tertentu di Bali menuai kecaman dari berbagai pihak.

Terbaru, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pun angkat bicara terkait sejumlah massa yang merangsek masuk ke dalam hotel yang menjadi lokasi ceramah Ubdul Somad.

Ketua PBNU Robikin Emhas menyatakan, seharusnya tidak diperkenankan untuk kalangan apa pun menghentikan aktivitas dakwah seseorang. “Tidak boleh ada masyarakat atau kelompok-kelompok melarang orang untuk melakukan aktivitas dakwah,” ungkap Robikin, Minggu (10/12).

Lebih jauh dia menuturkan, selain UU, konstitusi juga menjamin kemerdekaan seseorang untuk melakukan aktivitasnya, termasuk melakukan dakwah. Akan tetapi, perlindungan hanya berlaku pada ceramah yang tidak menebarkan kebencian dan menyebarkan paham radikalisme.

Robikin mengklaim, pada saat kejadian itu, PBNU Bali mengawal langsung Abdul Somad dalam rangkaian pengamanan.

“Ini artinya NU berpegang pada prinsip dalam mengikuti konstitusi. Hal itu membuktikan diri bahwa NU mengawal hal tersebut (ceramah Abdul Somad) agar bisa terlaksana dengan baik,” tegas Robikin seperti dimuat Pojok Satu.

Sebelumnya, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak pun juga mengecam tindakan yang dianggapnya intoleran itu.

“Kami termasuk yang menyesalkan cara-cara anarkistis yang memaksakan kehendak seperti itu. Justru cara-cara seperti itu menurut saya merusak toleransi.” ujar Dahnil.

Menurut Dahnil, jika memang tidak menghendaki kedatangan Ustad Abdul Somad, tidak musti melakukan aksi kekerasan. Jika kemudian tidak bersepakat, bisa dilakukan dengan datang dan berdialog, bukannya melakukan tindakan intimidasi.

Listrik Indonesia

#Ustadz Abdul Somad

Index

Berita Lainnya

Index