Pemkab Kampar Anggarkan Rp30 Miliar untuk Bangun Kawasan Industri

Pemkab Kampar Anggarkan Rp30 Miliar untuk Bangun Kawasan Industri
Direktur Pengembangan Wilayah Industri II Kementrian Perindustrian RI, DR. Bushamadi

BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Pemkab Kampar Komit dalam pembangunan kawasan Industri. Saat ini penetapan RTRW untuk kawasan tersebut sedang dipersiapkan. Pemkab Kampar sudah menganggarkan sekitar 30 miliar pada APBD murni tahun 2018 yang akan datang.

Direktur Pengembangan Wilayah Industri II Kementrian Perindustrian RI, DR. Bushamadi seusai diskusi Pengembangan Kawasan Industri Kampar dengan Pemkab Kampar di ruang rapat Bupati Kampar, Selasa(12/12) kepada wartawan mengatakan, bahwa daerah Kampar memiliki niat untuk membangun kawasan industri. 

Saat ini, Kampar hanya berada pada pengembangan sektor hulu dari hasil produksi perkebunan masyarakatnya. Seperti perkebunan sawit dan karetnya. Kampar hanya menjual CPO saja, dan ini sangat berada pada sektor hulu dari industrinya. Jika kawasan industri ada, maka akan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, ungkap Bushamadi.

Lebih lanjut Bushamadi menjelaskan, bahwa untuk membuat kawasan industri, maka Pemkab Kampar mesti menetapkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kawasan Industrial. Kawasan industrial tersebut juga mesti dibuatkan Perdanya. Sehingga tidak menyalahi aturan dan perundang-undangan.

"Pembangunan kawasan industri sangat penting untuk pengembangan industrial. Karena berdasarkan peraturan, industri mesti dibangun pada kawasan industrial. Para investor akan berani berinvestasi untuk mendirikan industri pada kawasan industri yang disediakan, ungkap Bushadi.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kampar, H. Azis Zaenal, SH.MM kepada wartawan mengatakan, bahwa kawasan industri Kampar sudah dimasukkan dalam RTRW. Penetapan RTRW Kampar sedang dalam proses. Azis Zaenal bahkan menyebutkan, bahwa kawasan industri Kampar direncanakan akan dibangun di daerah Tambang.

Lebih lanjut Azis mengatakan, bahwa Pemkab Kampar sudah menganggarkan sebesar Rp. 30 miliyar untuk pembangunan kawasan industri. Anggaran tersebut sudah di floting pada APBD Kabupaten Kampar tahun 2018, ungkap Azis Zaenal. (R10/Mcr)

Listrik Indonesia

#Kampar

Index

Berita Lainnya

Index