Baru Juga Naik, Harga TBS Sawit Turun Tipis Rp63,70 Jadi Rp1.867,60

Baru Juga Naik, Harga TBS Sawit Turun Tipis Rp63,70 Jadi Rp1.867,60
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) – Harga tandan buah segar (TBS) kembali berfluktuatif. Kali ini harga TBS sawit di Riau periode sepekan ke depan mengalami penurunan Rp63,79 kg.

Kondisi ini disebabkan beberapa faktor teknis. Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkembangan Mutu Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan T Neni menerangkan, penurunan harga TBS ini salah satunya penurunan harga jual CPO.

Selain itu terjadi penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit. Untuk jumlah penurunan terbesar pada kelompok umur 10 sampai dengan 20 tahun sebesar Rp63,70 per kilogram, atau mencapai 3,30 persen dari harga minggu lalu.

"Iya memang terjadi penurunan harga TBS. Sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp1.867,60 per kilogram," terangnya, Selasa (13/3/2018).

Untuk penurunan harga TBS minggu ini sangat dipengaruhi oleh penurunan harga jual CPO. Selain itu karena kernel secara signifikan dari hampir seluruh perusahaan sumber data.

Faktor teknis lain adalah sentimen kenaikan pajak impor CPO di India juga turut menekan harga. Sebagai salah satu negara pengimpor minyak makan terbesar di dunia, India mengerek pajak impor CPO dari 30 persen menjadi 44 persen. 

Diharapkan ke depan harga TBS dapat membaik dan mendukung peningkatan kesejahteraan petani. (*)

Listrik Indonesia

#Kelapa Sawit

Index

Berita Lainnya

Index