Tak Terima Di-PHK, Massa SBSI Blokir Gerbang Masuk Chevron

Tak Terima Di-PHK, Massa SBSI Blokir Gerbang Masuk Chevron
Unjuk rasa SBSI di Chevron
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ratusan massa dari Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) menggelar unjuk rasa di depan gerbang Chevron, Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (2/11/2015).Unjuk rasa ini terkait adanya PHK pada beberapa orang karyawan akibat perpindahan perusahaan, sehingga mereka menganggur.
 
Massa mengawali aksinya dengan sweeping di depan gate (gerbang) akses masuk bundaran Chevron, Rumbai Pesisir, sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka memaksa puluhan karyawan untuk memutar arah dan membuat pagar hidup di tengah jalan.
 
Massa pun  bertambah sehingga pengamanan Chevron dan kepolisian dari Polsek Rumbai Pesisir langsung menutup pintu pagar. Hal ini membuat  massa berang lalu berusaha menggoyang pintu pagar hingga bergetar. Beruntung aksi itu bisa diredam. Namun tak lama kemudian  massa kembali berusaha mendobrak pagar besar tersebut. 
 
Massa menuntut agar perusahaan yang bekerjasama dengan Chevron tidak semena-mena dalam mem-PHK karyawannya. "Kita sudah dua bulan lalu mengirimkan surat, tapi tidak dibalas, apa harus begini tindakan kita. Kami juga punya hak bekerja untuk mengisi perut," teriak lantang koordinator massa.
 
Massa yang sudah berang  mengultimatum pihak Chevron, jika tidak menemui mereka, akan melakukan aksi yang lebih besar lagi. "Gerbang ini kecillah bagi kami, bisa kami robohkan. Kami biasa di lapangan. Kalau kalian (Chevron) tidak merespon, maka disetiap Gate akan kami lumpuhkan, kami tutup," ancam massa.
 
"Kontrak kerja yang diberlakukan sudah menzalimi kami. Kami bukan preman, kami punya hak bekerja di negeri lancang kuning, ada undang-undangnya, bukan di PHK semaunya kalian. Kami bisa anarkis," sambungnya dengan pengeras suara. "Kami kasih waktu satu jam, kalau tidak ada keputusan, kami robohkan," tegas massa lagi.
 
Hingga berita ini diturunkan, aksi massa masih berlangsung, bahkan jumlah mereka kian bertambah. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index