Atasi Krisis Listrik di Rohul, Tiga PMKS Bakal Bangun PLTBg

Atasi Krisis Listrik di Rohul, Tiga PMKS Bakal Bangun PLTBg

 

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Tiga pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) yang beroperasi di Kabupaten Rokan Hulu direncanakan akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bio Gas (PLTBg) dengan bahan baku limbah cair masing-masing PMKS.
 
Rencana besar tersebut disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Hen Irpan  sebagai upaya untuk mengatasi kelangkaan listrik untuk kawasan pedesaan di Rokan hulu. 
 
Dikatakan Hen Irfan, saat ini,  pemerintah tengah berkoordinasi dengan perusahaan agar program tersebut bisa berjalan dengan baik. 
 
"Kita sudah berkoordinasi dengan tiga PMKS terkait pemanfaatan limbah cair (Pome) untuk energi listrik yang kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat," kata Hen Irpan, Selasa, 26 juli 2016.
 
Ketiga PMKS tersebut adalah PTPN V Sei Rokan di Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, Sei Intan, di Kecamatan Tandun dan PT Panca Surya Agrindo (PSA) di Kecamatan Kepenuhan.
 
"Hasil survey sementara, potensi tiga PMKS terrsebut sekitar 2 mega watt (MW). Bila hal itu bisa terrealisasi, kalau kebutuhan Rohul sudah bisa teratasi bahkan untuk Provinsi Riau. Karena nanti program tersebut akan terkoneksi dengan PLN Rohul," urainya.
 
Kepala Distamben Rohul, Yusmar Yusuf menjelaskan, hal itu dinilai sangat positif sekali untuk mengatasi terjadinya krisis energi listrik, apalagi nanti dayanya bisa disumbangkan buat masyarakat. "Nanti kita koordinasikan masalah teknis lapangan, sehingga pemanfaatan limbah cair itu bisa cepat terealisasi, selama ini menjadi masalah, kita sudah bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemasalahatan masyarakat," ujar Yusmar. (R03)

Listrik Indonesia

#Rokan Hulu

Index

Berita Lainnya

Index