Langit Jakarta Tertutup Kabut, Ini Kata BMKG

Langit Jakarta Tertutup Kabut, Ini Kata BMKG
Detik.com

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Cuaca di Jakarta sejak pagi tadi hingga kini tampak suram karena tertutup kabut. Apa kata Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) atas cuaca yang tidak biasanya itu?
 
Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hari Tirto mengatakan, cuaca di Jakarta disebut haze.
"Bahasa metereologinya haze atau cuaca kabur," ujar Hari, Jumat (23/10) seperti dimuat Detik.

Apakah terkait polusi? "Tidak mengarah ke situ," jawabnya.

Cuaca haze yakni kekaburan udara yang disebabkan oleh partikel-partikel kering yang sangat kecil dan melayang-layang di udara sehingga menyebabkan jarak pandang (visibility) berkurang.

Sementara itu, suhu udara tidak begitu lembab karena kelembabannya di bawah 90 persen. "Suhunya dibanding kemarin, pada pagi hari tadi lebih dingin," ucap Hari.

Hari menyebut, cuaca seperti itu normal dan tak terkait fenomena El Nino dan asap akibat kebakaran lahan.

"Sejauh ini belum berkaitan dengan asap, bisa saja partikel debu yang lain," katanya.

Selain tampak di Jakarta, kabut juga menyelimuti Bandung yang menyebabkan 5 penerbangan di Bandara Hussein Sastranegara delay dan dioper ke Bandara Soekarno-Hatta.

Akibatnya, terjadi penumpukan penumpang di terminal Bandara Hussein Sastranegara. BMKG Bandung menyebut kabut itu karena banyaknya polutan. Kabut juga terpantau di Jember, Jawa Timur sehingga menyebabkan penerbangan ke Surabaya tertunda. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index