Sempena Hari Disabilitas International

Jadi Sarana Edukasi, GenBI Riau Gelar Kampanye Peduli Anak Disabilitas

Jumat,08 Desember 2017 | 12:57:18 WIB
Jadi Sarana Edukasi, GenBI Riau Gelar Kampanye Peduli Anak Disabilitas
Ket Foto : Kampanye Peduli Anak Disabilitas GenBI Riau di Transmart

PEKABARU (RIAUSKY.COM) - Setiap anak khususnya di Indonesia dilahirkan dengan keistimewaan masing-masing. Oleh karena itu, setiap anak memiliki kedudukan yang sama dan berhak mendapatkan perlakuan yang sama di tengah-tengah masyarakat baik dari sisi pendidikan maupun interaksi sosial di masyarakat.
 
Berangkat dari alasan itu lah, Generasi Bari Indonesia (GenBI) Riau melaksanakan kegiatan Kampanye Peduli Anak Disabilitas, pada tanggal 3 Desember 2017 lalu di Mall Transmart yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta Kota Pekanbaru.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan juga dalam rangka merayakan Hari Disabilitas International. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai disabilitas sehingga masyarakat mendapatkan pemahaman yang baik dan komprehensif," ujar Ketua Panitia Eet Mardewita.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan dampak yang lebih meluas bagi masyarakat.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut yaitu dialog inspiratif menghadirkan Irene selaku psikolog dan Galan yang merupakan praktisi disabilitas. 

"Jadi, melalui dialog tersebut, masyarakat diberikan pemahaman mengenai anak-anak yang mengalami disabilitas dimana mereka hanya memiliki keterbatasan secara fisik, namun pada dasarnya mereka merupakan anak-anak yang hebat yang tidak hanya memiliki bakat yang luar biasa namun dapat berprestasi secara akademik layaknya anak-anak yang lainnya," terangnya. 

Dalam diskusi tersebut, masyarakat juga diajarkan bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan anak-anak disabilitas yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan ketika berinteraksi secara sosial sehingga mereka merasakan bahwa kehadiran mereka sangat dapat diterima ditengah-tengah masyarakat.

Tidak hanya kegiatan dialog inspiratif, GenBI Riau juga memberikan space kepada anak-anak disabilitas untuk menunjukkan bakat dan mengeksplorasi diri kepada masyarakat. 

"Ada yang bernyanyi, ada yang menari, ada yang fashion show bahkan ada yang bermain alat musik," terangnya. 

Sungguh ada rasa rahu ketika melihat penampilan anak-anak tersebut dimana sangat terlihat jelas bahwa keterbatasan justru tidak menjadi penghalang buat mereka. 

Tidak ada rasa mengeluh yang terucap dari bibir mereka, justru mereka memberikan energi yang positif bagi GenBI Riau dan pengunjung mall yang hadir dan menunjukkan bahwa mereka bisa dan mampu sama seperti anak berbakat lainnya. Selain itu, ada hal yang sangat menyentuh GenBI Riau yaitu peran orang tua mereka. 

GenBI Riau menyadari bahwa anak-anak tersebut bisa menjadi anak yang berbakat dan menginspirasi tentu saja tidak terlepas dari peran kedua orang tuanya. Ada ketegaran hati, rasa syukur dan rasa yang tak pernah lelah yang terpancar dari orang tua anak-anak tersebut. Terlihat bahwa mereka memperlakukan anak-anak mereka dengan penuh kasih sayang menyadari bahwa anak merupakan titipan Tuhan. 

"GenBI Riau sangat berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini di Mall Transmart Kota Pekanbaru, setidaknya dapat menyentuh hati masyarakat untuk tidak memandang sebelah mata, namun justru membantu mereka untuk membangun rasa percaya diri untuk berinteraksi secara sosial di tengah-tengah masyarakat. Karena sungguh, mereka sama seperti kita anak Indonesia yang menjadi generasi penerus bangsa," harapnya. (R02)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Bank Indonesia Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS