Wujudkan Pekanbaru Kota Layak Anak, Pemko Dinilai Tim Verifikasi dari Pusat

Wujudkan Pekanbaru Kota Layak Anak, Pemko Dinilai Tim Verifikasi dari Pusat
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pekanbaru, Mahyudin

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru Kemarin, Kamis (7/6/2018) dikunjungi tim verifikasi kota layak anak untuk melakukan peninjauan terhadap beberapa stakeholder dan sejumlah OPD di lingkungan Pemko Kota Pekanbaru dalam mewujudkan komitmennya menjadikan Pekanbaru sebagai kota layak anak (KLA).

Kunjungan tersebut dilakukan tim verifikasi yang diketuai oleh Rektor dari salah satu universitas terkemuka di Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang didampingi Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Tim verifikasi akan melakukan penilaian terhadap apa yang kita upayakan selama ini dalam mewujudkan Pekanbaru sebagai kota layak anak. Tahun ini kita inginnya minimal dapat predikat Madya dari yang sudah-sudah hanya mendapat predikat Pratama," ujar Mahyudin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pekanbaru.

Mahyudin menjelaskan, tim verifikasi yang menilai seluruh komponen tersebut  akan berjibaku bersama seluruh pandangan yang dinilai memiliki point penting dalam upaya Pemko Pekanbaru bersama stakeholder melakukan keseriusan dan perubahan positif yang mengarah terhadap peningkatan kota layak anak.

Misalnya, peninjauan terhadap sekolah ramah anak, sejumlah Puskesmas, Ruang Terbuka Hijau (RTH), panti asuhan dan lain sebagainya, sehingga memberikan kesimpulan bahwa beberapa objek tersebut benar adanya telah melakukan proses yang mengedepankan hak-hak anak berjalan dengan benar.

"Nanti juga ada dialog antara tim dengan anak-anak kita di forum anak. Nah, disitu tim akan bertanya apa kekurangan yang dirasakan anak atau malah sebaliknya. Dari jawaban itu, barulah penilaian sebenarnya akan dilakukan, dan terakhir akan ditutup dengan buka puasa bersama," kata Mahyudin.

Setelah itu, keesokan harinya tim verifikasi akan melakukan espos terhadap apa yang mereka dapatkan dilapangan, serta menyampaikan koreksi dan evaluasi apa yang harus dilakukan Pemko bersama Plt Wali Kota.

"Besok jam 2 siang di aula kantor Wali Kota semua akan diespos baik tim verifikasi, maupun tim dari gugus tugas yang berjumlah 100 orang dihadapan Plt Wali Kota. Harapan kita, ya mereka dapat fleksibel lah dengan kondisi terakhir kita saat ini yang sedang genting di penghujung menjelang liburan," paparnya. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index