Inilah Konsep Pengembangan Pariwisata Riau dan Kepri

Inilah Konsep Pengembangan Pariwisata Riau dan Kepri

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Setelah dilantiknya Pengurus ikatan keluarga alumni fakultas ekonomi (IKAFE) Universitas Riau dimana acara dilanjutkan oleh workshop pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata.

 
Hadir sebagai narasumber yakni Gubernur Kepulauan Riau HM Sani yang memaparkan konsep pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepri dan Plt Gubernur Riau Arasyadjuliandi Rachman yang berbicara strategi pengembangan pariwisata Provinsi Riau.
 
Menurutnya HM Sani saat ini Kepri memiliki brand pariwisata yakni "Wonderfull Kepri" dimana perkembangan sektor wisata kepri meliputi alam, bahari, budaya dan lain sebagainya. Ada 3 konsep yang dikembangkan dalam mengembangkan pariwisata Kepri
 
Pertama how to manage? Bagaimana memanejemen seperti bagaimana akomodasi menuju tempat tujuan wisata.
 
How to promote? Bagaimana menjual, mempromosikan wisata yang ada sehingga banyak orang yang tau mengenai daerah dan potensi wisata kita. Adalun yang termasuk dalam Promote yakni Branding, Selling n Advertasing.
 
How to Service ? Bagaimana melayani yang baik dimana mengedepankan keramah-tamahan.
 
"Dari 3 konsep tersebut saat ini Kepri pada tahun 2015 dikunjungi 2 juta turis mancanegara. Dan kalau ini berjalan dengan baik akan berimplikasi pada tumbuh dan berkembangnya ekonomi kreatif," ungkap Gubernur Kepri HM Sani.
 
"Membicarakan pariwisata akan saling terkait dan hubungan dengan skpd yang lain dan itu harus diakomodir oleh kepala daerah"Pesan Gubernur Kepri ini.
 
Sementara Plt Gubernur Riau Arasyadjuliandi Rachman mnejelaskan ada beberapa strategi pengembangan pariwisata Provinsi Riau.
 
Pertama mengembangkan daerah tujuan wisata yang berdaya saing, Kedua pembinaan SDM Bidang Pariwisata, Ketiga pembinaan dan fasilitasi industri pariwisata, Dan keempat pembinaan dan fasilitas ekonomi kreatif.
 
Ada beberapa pengembangan pariwisata yang nantinya akan memunculkan ekonomi kreatif  yakni wisata bisnis dan mice, wisata alam dan minat khusus, wisata budaya dab sejarah, warisan dan tradisi, wisata religi dan budaya, wisata bahari, wisata buatan, wisata olahraga.
 
Konsep pengembangan pariwisata yakni kebudayaan, Alam, buatan, Pengembangan SDM,  Pemasaran.
 
"Konsepnya yakni pengembangan pariwisata berbasis sumberdaya budaya bertujuan mendukung upaya pelestarian budaya dan lingkungan melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan budaya sebagai daya tarik pariwisata untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat," terangnya. (R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index