Kembangkan Siska, Pelalawan Dapat Bantuan 125 Ekor Sapi dari Pusat

Kembangkan Siska, Pelalawan Dapat Bantuan 125 Ekor Sapi dari Pusat
Ilustrasi

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM) - Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Peternakan (Disnak) Pelalawan untuk mengembangkan sistem integrasi sapi-kelapa sawit (Siska) membuahkan hasil.

 
Pasalnya, Kementerian Pertanian RI tertarik dan memberikan dukungan untuk pengembangannya. Dengan keseriusan tersebut, Dinas Pertenakan Kabupaten Pelalawan menerima bantuan ternak sapi Brahman Cross (BC) dari Australia-Perkebunan Sawit sebanyak 125 ekor.     
 
"Alhamdulillah, tahun 2016 ini kita mendapatkan bantuan ternak sapi sebanyak 125 ekor. Dan bantuan ternak sapi diperuntukan untuk 9 kelompok tani (Poktan) yang ada di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Dalam bantuan ternak sapi BC ini, setiap poktan akan mendapatkan 25 ekor," ujar Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pelalawan Ir Tengku Mukhtaruddin MSi.
 
Kata mantan Kepala Dinas Perkebunan Pelalawan ini, bahwa sistem integrasi sapi- kelapa sawit dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat. 
 
Kelompok tani ternak yang mendapat bantuan Siska ini adalah mereka yang memiliki perkebunan sawit, sehingga mereka tidak perlu repot bekerjasama dengan petani sawit karena telah memiliki lahan sendiri.
   
"Tujuan Siska yang dicanangkan ini, untuk mendukung program Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo menjadi Indonesia sebagai kawasan swasembada daging. Untuk itu, kita berharap dengan bantuan tersebut, target swasembada daging bisa terwujud dan populisasi hewan ternak sapi di tahun kedua nanti bisa bertambah," pungkasnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index