Pengerjaan Empat Jalan Lingkar Luar Pekanbaru Mangkrak Karena Minus Anggaran

Pengerjaan Empat Jalan Lingkar Luar Pekanbaru Mangkrak Karena Minus Anggaran
Salah satu ruas jalan lingkar luar yang sudah sempat dikerjakan Pemo Pekanbaru.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)-  Pemerintah Kota Pekanbaru terpaksa menghentikan kelanjutan pelaksanaan pembangunan ruas jalan lingkar luar (outer ring road) di empat titik di seputar Pekanbaru.

Keputusan tersebut terpaksa diambil mengingat  ketersediaan dana yang tak mencukupi sebagai dampak dari rasionalisasi anggaran. Pemko sendiri belum bisa memprediksi, sampai kapan ruas jalan itu pengerjaannya akan dilanjutkan.

Di wilayah Pekanbaru ada empat titik lokasi pembangunan jalan lingkar, di antaranya Jalan Badak Lintas Timur yang panjangnya mencapai 3,6 km, lalu akses jalan Okura Lintas tol Pekanbaru-Dumai panjangnya 14,5 km, di sisi lain ada Lintas Timur arah Kampar panjangnya 4,2 km dan terakhir jalan Teluk Lembu ke Kawasan Industri Tenayan (KIT) termasuk ke lokasi perkantoran baru Pemko panjangnya 5,8 km.

Pola pengerjaannya multiyears, rata-rata jalan tersebut sudah dikerjakan sebanyak 40 persen.

Pembangunan dan realisasi jalan lingkar luar adalah salah satu program strategis Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Jalan ini merupakan kebutuhan yang harus ada untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan jalan lingkar luar, akses kawasan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan) akan menjadi lebih baik lagi.

Akan tetapi harapan jalan itu segera terealisasi tampaknya tertunda. Rasionalisasi yang mempengaruhi keuangan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga memberi dampak pada proyek tersebut.

"Belum bisa dikerjakan lagi. Uang kita tidak ada untuk membayarnya,’’ ujar, Zulkifl Harun, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Pekanbaru kseperti dilansir dari riaupos Kamis 28 Juli 2016.

Pemko sudah menetapkan proses pembangunan empat ruas jalan lingkar luar dalam kurun dua tahun yakni tahun anggaran 2015 dan 2016. Untuk tahap pertama di tahun 2015 ‎pengerjaannya dimulai dari proses Konsolidasi tanah (KT) hingga pembukaan badan jalan dengan lebar yang ditentukan.

Dengan anggaran yang tidak mencukupi, dipastikan penyelesaian juga akan molor. ’’Tunda bayar pasti, semua, iya. termasuk jalan perkantoran tunda bayar. padahal itu sudah hampir selsai, nanti bulan Agustus sudah diaspal, suah ada median. Ya sekarang tunda dulu,’’ katanya. (R03/Rp)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index