Bupati Syamsuar Hadiri Pengukuhan Dua Datuok di Kampa

Bupati Syamsuar Hadiri Pengukuhan Dua Datuok di Kampa
KAMPA (RIAUSKY.COM) - Bupati Siak, H Syamsuar, memenuhi undangan pengukuhan dua orang datuk di Desa Pasar Kampar, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Kamis (25/5/2017).
 
Tampak hadir dalam helat itu, Bupati Kampar, Aziz Zaenal, Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri, Kapolres Kampar, AKBP Okvianto, Dandim 0313 KPR, Letkol Yusi Prasetyo.Selain itu, juga hadir Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, serta puluhan undangan lainnya.
 
Gelar datuok diberikan Lembaga Adat Kenegerian Kampa kepada putra terbaik mereka, masing-masing kepada, DR.H.Nurhamin Mahar, S.Pt.MH yang juga ketua KPU Riau dengan gelar Datuok Amanah Kampa.
 
Berikutnya kepada Mayor Inf. Aidil Amin, S.I.P, M.I.Pol, yang menjabat sebagai Dan Yon 132 Salo, diberi gelar Datuok Palo Panglimo Kampa.
 
Gelar ini, kata salah seorang pemangku adat atau perangkat adat, Siompu Rina Adianti Hasan, sifatnya tidak melekat pada keturunan mereka yang menerima gelar.
 
Rina menjelaskan, gelar ini diberikan karena ketokohan, godang, bosau, dan bertuahnya mereka yang mendapat gelar adat. Dan mereka yang mendapat gelar adat ini adalah anak watan atau masyarakat setempat.
 
"Gelar adat ini karena bersangkutan membawa nama baik kampungnya. Keduanya cukup luar biasa ketokohannya," ucap Rina.
 
Kepada wartawan, Syamsuar mengucapkan selamat kepada dua tokoh yang mendapat gelar tersebut, semoga amanah adat ini menjadi pemicu bagi yang lainnya untuk berbuat yang terbaik untuk kampung dan umumnya untuk Riau.
 
Penobatan gelar daruk tersebut ditandai dengan pemasangan detau atau tanjak, serta menyelitkan koghi atau keris kepada kedua datuk.
 
Bupati Kampar, Aziz Zaenal, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Siak, Syamsuar, yang telah berkenan hadir dalam gelar adat ini. Ucap yang sama juga dikatakan Aziz kepada Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli.
 
Aziz sempat berpetatah petitih, soal tali berpiling tigo. Yakni, wujud dari pemerintahan, agama, dan adat. Kesemuanya harus bersatu sesuai dengan peran masing-masing.
 
"Ambo raso, keterikatan tali berpilin tigo ini membuat kito bersatu untuk Kampar lebih maju lagi. Kepada putra terbaik Kampar yang mendapat gelar datuok ini saya ucapkan selamat dan terima kasih karena membawa nama Kampar lebih baik," ucap Aziz. (R10/Rls)

Listrik Indonesia

#PILGUBRI 2018

Index

Berita Lainnya

Index